Magelang (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang Candra Wijatmiko Adi mengatakan penghargaan Abdi Yasa Teladan tingkat Jawa Tengah diperoleh peserta dari daerah itu membuktikan pengemudi angkutan umum setempat yang berkualitas, cakap, dan berkompeten.

"Harapan saya adalah perwakilan dari Kota Magelang yang memenangkan Abdi Yasa Teladan tingkat provinsi selanjutnya memperoleh kemenangan di tingkat nasional mewakili Jawa Tengah sekaligus mewakili Kota Magelang," ujar dia dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Jumat.

Salah satu di antara tiga perwakilan Kota Magelang, Heribertus Dwi Setyawan, pengemudi angkutan umum barang di salah satu perusahaan di daerah setempat, meraih juara kedua penilaian untuk penghargaan tersebut. 

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Lantas Polda Jateng Kombes Pol Sonny Irawan beserta Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Erry Derima Riyanto di salah satu hotel di Semarang, belum lama ini. 

Peraih penghargaan selanjutnya mewakili Jateng dalam penilaian serupa tingkat nasional pada September mendatang.

Ia menjelaskan salah satu strategi pihaknya mengikuti kompetisi itu dengan memberikan sosialisasi berkaitan dengan keselamatan transportasi umum.

Selain itu, Dishub Kota Magelang rutin setahun sekali mengadakan seleksi Abdi Yasa Teladan tingkat kota untuk melihat langsung kapasitas para pengemudi.

Abdi Yasa Teladan merupakan penghargaan untuk pengemudi angkutan umum yang mempunyai kecakapan dan kompetensi sebagai pengemudi. Mereka dapat berasal dari berbagai profesi atau latar belakang, termasuk pengemudi, teknisi perawatan kendaraan, pengelola transportasi umum, atau pejabat pemerintah yang terlibat dalam perencanaan transportasi.

Penghargaan tingkat provinsi kali ini diikuti 100 peserta berasal dari 32 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Dinas Perhubungan Kota Magelang mengirimkan tiga peserta yang sebelumnya telah diseleksi di tingkat daerah setempat.

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024