Solo (ANTARA) - Makan bergizi gratis yang merupakan program Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mulai diuji coba di sejumlah sekolah di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai lokasi uji coba, yakni SDN Jagalan Solo.

Kepala SDN Jagalan Yuni Rahayu Utami mengatakan sebanyak 160 siswa mulai dari kelas satu hingga enam yang diberikan makanan bergizi gratis.

Ada dua jenis makanan yang dibagikan kepada siswa, yang pertama yakni makanan dengan menu nasi, sayur sawi, daging ayam, tempe goreng, kerupuk, buah, dan susu UHT.

Sedangkan menu kedua, yakni nasi, sayur brokoli, ayam katsu dilengkapi dengan saus mayones, irisan telur dadar, selada, dan buah.

Ia mengatakan untuk pembagian makan bergizi gratis ini akan berlangsung sampai tanggal 9 Agustus 2024.

Terkait hal itu, katanya, SDN Jagalan tidak mengajukan untuk menjadi lokasi uji coba makan bergizi gratis.

Meski demikian, pada pekan lalu pihak sekolah dikunjungi oleh GoFood kaitannya dengan program tersebut.

Ia mengatakan untuk menu sudah ditentukan oleh pihak GoFood. Oleh karena itu, ia tidak mengetahui berapa anggaran per porsinya.

Ia berharap dengan adanya program tersebut anak-anak jadi lebih suka makan sayuran.

"Mereka mau makanan dengan nutrisi yang lebih lengkap. Dengan begitu, akan lebih sehat untuk anak-anak, sehingga lebih berdampak pada kecerdasan mereka," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa mengatakan ada tiga sekolah yang ditunjuk sebagai lokasi uji coba makan bergizi gratis, yakni SDN Tugu, SDN Sabranglor, dan SDN Jagalan.

Ia mengatakan kegiatan yang terselenggara mulai hari ini tersebut menggunakan anggaran dari CSR pihak swasta. Meski demikian, ia tidak mengetahui perusahaan mana saja yang terlibat memberikan CSR pada program tersebut.

Menurut dia, uji coba makan bergizi gratis tersebut akan dilakukan sebanyak dua sesi. Untuk sesi pertama akan dilakukan selama dua minggu, yakni dari tanggal 25 Juli-9 Agustus 2024.

Sedangkan sesi kedua akan berbeda sekolah, namun pihaknya belum dapat memastikan mana saja sekolah yang akan ditunjuk sebagai lokasi uji coba makan bergizi gratis sesi kedua, termasuk waktu pelaksanaannya.

Ia mengatakan uji coba ini akan menyasar ke seluruh siswa sekolah yang ditunjuk.

Baca juga: Uji coba makan bergizi gratis di Solo menyasar tiga sekolah

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024