Wonosobo (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Wonosobo memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas kepada guru dan karyawan di SMA Negeri 1 Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Wonosobo Ipda Hariyanto di Wonosobo, Kamis, mengatakan bahwa kegiatan pada hari ini memberikan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas.

Ia menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya keselamatan berlalu lintas di kalangan pendidik. Ha ini diharapkan pula dapat diteruskan kepada siswa/siswi di sekolah tersebut.

Dengan memberikan edukasi tentang peraturan lalu lintas dan kelengkapan-kelengkapan keselamatan, dia berharap guru dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Selain memberikan sosialisasi langsung, pihaknya juga membagikan brosur keselamatan berlalu lintas. Brosur-brosur ini dapat menjadi pedoman bagi guru dan disebarluaskan kepada siswa serta ditempel di mading sekolah sebagai pengingat dan edukasi.

Ia berharap kepada guru agar pesan-pesan tentang keselamatan berlalu lintas dapat disampaikan kepada siswa/siswi, terutama pada jam-jam pembinaan. Dengan demikian, dapat membentuk karakter siswa yang lebih peduli pada keselamatan diri sendiri dan orang lain di jalan raya.

"Kami berharap para guru dapat membantu kami dalam menyebarkan pesan-pesan keselamatan berlalu lintas ini kepada para siswa. Dengan kerja sama yang baik antara polisi dan pendidik, kami yakin angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan," katanya.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari pihak sekolah, yang pada saat itu menyatakan komitmen mereka untuk mendukung program keselamatan berlalu lintas dan akan aktif menyampaikan informasi tersebut kepada siswa.

Dengan langkah-langkah proaktif ini, dia berharap kesadaran akan pentingnya keselamatan berlalu lintas makin meningkat di kalangan pelajar dan masyarakat Wonosobo pada umumnya.

Baca juga: Petugas gabungan lakukan ekspedisi di jalur rel Purwokerto-Wonosobo

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024