Magelang (ANTARA) - Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten Magelang meraih kembali penghargaan pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) terbaik tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto di Magelang, Rabu, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi dari Biro Hukum Pemprov Jateng atas komitmen pemkab setempat dalam pengelolaan wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Pejabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana kepada Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto pada acara Rapat Koordinasi Pengelola JDIH Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang.

Penghargaan ini juga mengakui upaya Pemkab Magelang dalam memberikan pelayanan informasi hukum yang lengkap, akurat, mudah, dan cepat.

Sepyo Achanto menyampaikan apresiasi atas kerja keras jajaran Bagian Hukum Setda Kabupaten Magelang sehingga meraih kembali penghargaan JDIH dari Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah.

Penjabat Bupati berharap fungsi dari JDIH ini bisa bermanfaat dengan baik sehingga memberikan pengetahuan yang luas kepada masyarakat.

"Tentunya ini menjadi tantangan ke depan untuk menjadi lebih baik lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Intinya teman-teman dari jajaran Bagian Hukum harus tetap semangat," katanya.

Menurut dia, pengelolaan JDIH di Kabupaten Magelang terus menuju ke arah yang lebih baik.

Ia berpesan kepada jajaran Bagian Hukum Setda Kabupaten Magelang untuk lebih meningkatkan pengelolaan dokumen hukum agar masyarakat dapat terlayani dengan baik dan merasa puas dengan kinerja pemkab setempat.

"Prestasi yang sudah baik ini harus dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi," pintanya.

Pelayanan informasi hukum yang lengkap, akurat, mudah, dan cepat ini, kata Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Magelang Ratna Yulianty, bisa diberikan kepada rekan-rekan OPD, pemerintah desa, dan juga kepada masyarakat.

Terkait dengan JDIH ini, kata Yulianty, Bagian Hukum Setda Kabupaten Magelang telah memiliki perpustakaan mengenai informasi pelayanan di bidang hukum.

Namun, untuk mengikuti perkembangan zaman (digitalisasi), pihaknya lebih banyak mengoptimalkan website untuk lebih mempermudah dalam memberikan informasi di bidang hukum.

Yulianty menjelaskan bahwa penghargaan JDIH ini setiap tahun, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional, guna meningkatkan pelayanan di bidang hukum.

"Kabupaten Magelang sudah meraih penghargaan JDIH ini sejak 2013, dan selalu mendapatkan peringkat 5 terbaik. Untuk di tingkat nasional, kami juga pernah meraih penghargaan pada tahun 2022 dan 2023. Mudah-mudahan pada tahun ini kami juga masuk nominasi di tingkat nasional," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024