Semarang (ANTARA) - Rektor Universitas Semarang (USM) Dr Supari ST MT memperoleh penghargaan dari KONI Kota Semarang atas kepeduliannya pada sejumlah mahasiswanya yang menjadi atlet Kota Semarang dan Jawa Tengah.

Ketua KONI Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara memberikan langsung penghargaan itu kepada Rektor USM pada acara yang digelar di Hotel Quest, Semarang, Kamis (11/7/2024).

KONI memang menggelar acara itu sebagai bentuk apresiasi kepada sejumlah pemangku kepentingan yang membantu pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga di Kota Semarang.

Arnaz mengatakan hingga tahun 2023, ada 13 perguruan tinggi yang memberikan beasiswa untuk para atlet berprestasi. Selain itu, beberapa rumah sakit dan BPJS Ketenagakerjaan, juga mem-back up atlet KONI Kota Semarang, yang membutuhkan perawatan.

''Para atlet ini adalah patriot, tidak hanya bagi Kota Semarang, namun juga bagi Bangsa Indonesia. Karena mereka sudah mempersembahkan kemampuan terbaiknya untuk meraih medali,'' kata dia.

Ditambahkannya, konteks kerja sama saling menguntungkan ini tentu juga harus berbasis pada organisasi yang baik dan profesional. Saat ini KONI Kota Semarang sudah memberikan teladan, dengan diraihnya sertifikasi ISO 9001:2015, yang selayaknya diikuti dengan perubahan manajemen dari para pengurus cabang olahraga.

''Kami sudah mengalokasikan anggaran untuk Program Semarang Emas (PSE), dan juga asuransi ketenagakerjaan, yang arahnya untuk menyejahterakan atlet dan pelatih,'' imbuh Arnaz, yang juga Ketua Kadin Kota Semarang ini.

Dia mengakui, KONI bukanlah ''Superman'' yang bisa menyelesaikan seluruh persoalan atlet. Namun pihaknya akan terus memberikan program kesejahteraan atlet.

Dalam kesempatan itu, dilakukan pula penandatanganan naskah kerja sama dengan RS Siloam, RS Columbia, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Wali Kota Semarang melalui Sekdin Dispora, Sutarni, menyatakan pihaknya akan terus mendukung KONI Kota Semarang, dalam pembinaan olahraga.

''Karena prestasi yang didapatkan selama ini, berkat kerja keras semua pihak: pemangku, atlet, pelatih, dan pengurus KONI Kota Semarang, serta komitmen kuat dari semua pihak yang ada,'' tandasnya.****

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024