Purwokerto (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, memberikan penghargaan kepada 80 orang siswa berprestasi dalam bidang akademik maupun nonakademik dari berbagai sekolah dasar (SD) di wilayah itu.

Saat penyerahan penghargaan secara simbolis di Gedung Gurinda Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas, Kamis, Kepala Dindik Kabupaten Banyumas Joko Wiyono mengatakan penghargaan tersebut diberikan untuk menambah semangat, meningkatkan kinerja para siswa-siswi serta guru dan sekolah.

Selain itu, kata dia, pemberian penghargaan juga dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas dalam belajar, sains, ekstrakulikuler, hingga berprestasi di bidang olahraga.

"Hari ini kami menyerahkan penghargaan untuk siswa SD yang berprestasi, baik prestasi akademik maupun nonakademik," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kurikulum Dindik Kabupaten Banyumas Muhammad Robani mengatakan 80 siswa SD berprestasi tersebut merupakan pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), serta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Menurut dia, pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

"Pemerintah berharap agar siswa yang berprestasi dapat menjadi contoh bagi siswa lainnya untuk berprestasi," katanya.

Dengan pemberian penghargaan tersebut, kata dia, para siswa yang berprestasi dapat mengharumkan nama Kabupaten Banyumas pada pertandingan maupun lomba pada jenjang yang lebih tinggi.

Lebih lanjut, dia mengatakan penghargaan yang diberikan kepada para siswa berprestasi tersebut berupa piala, piagam, dan uang pembinaan.

Dalam hal ini, kata dia, uang pembinaan bagi peraih juara 1 senilai Rp1.500.000, peraih juara 2 senilai Rp1.250.000, dan peraih juara 3 senilai Rp1.000.000.

"Siswa berprestasi ini terdiri atas juara O2SN sebanyak 50 siswa, juara OSN sebanyak 6 siswa, dan FLS2N sebanyak 24 siswa," kata Robani.

Salah seorang siswa berprestasi, Az Zahra Berlian Amerta mengaku senang karena menerima penghargaan setelah berhasil menjadi juara 1 dalam O2SN Cabang Olahraga Renang Putri.

"Penghargaan ini memotivasi saya untuk meraih prestasi yang lebih tinggi," kata siswi SD Negeri 2 Patikraja itu.

Baca juga: Pemanah junior asal Banyumas raih empat medali di Batam

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024