Semarang (ANTARA) - Setidaknya 34 organisasi pendukung Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 meminta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk mengusung Sudaryono pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024.

"Pak Prabowo, kami arus bawah masyarakat se-Jawa Tengah meminta Bapak segera mengeluarkan rekomendasi untuk Pilgub Jateng. Kami meminta partai yang Bapak pimpin (Partai Gerindra) mengusung Sudaryono," kata Ketua Umum Tani Merdeka Don Muzakir, dalam pernyataan di Semarang, Minggu.

Menurut dia, 34 kelompok relawan itu menyatakan dukungannya kepada Sudaryono yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Jateng untuk maju ke Pilgub Jateng 2024.

Kelompok relawan pendukung Sudaryono yang terdiri atas unsur petani, pemuda, santri, pedagang pasar, serta tokoh masyarakat itu juga telah menggelar pertemuan strategis di Posko Pemenangan Prabowo-Gibran Solo. 

Sejumlah keputusan dihasilkan dari pertemuan itu, ntara lain, secara bulat meminta Prabowo Subianto memberikan rekomendasi kepada Sudaryono maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jateng 2024.

Selain itu, mereka juga meminta rekomendasi tersebut segera dikeluarkan dalam waktu dekat karena sebagian besar masyarakat Jateng menginginkan sosok pemimpin seperti Sudaryono.

Sebagai pendukung yang sudah berhasil mengantarkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih, ia menilai permintaan ini tidak mengada-ada dan tidak berbenturan dengan partai yang dipimpin Prabowo.

Apalagi, Gerindra sebelumnya juga ingin mengusung kadernya sendiri pada pilkada di seluruh Indonesia.

"Itulah kenapa kami meminta Pak Prabowo segera mengeluarkan rekomendasi untuk Sudaryono. Sejauh ini, inilah permintaan kami sebagai pendukung Bapak saat Pilpres kemarin," katanya.

Ia mengatakan bahwa Sudaryono juga memiliki kapasitas dan integritas memimpin Jateng ke arah yang lebih baik. Bahkan, menjadikan Jateng maju mapan.

"Kami percaya bahwa Sudaryono dapat memberikan kebijakan yang mendukung pengembangan ekonomi lokal, termasuk perlindungan dan peningkatan kesejahteraan pedagang pasar tradisional di Jawa Tengah," ujarnya.

Permintaan dari sejumlah elemen relawan itu bukan tanpa dasar, kata dia, sebab Sudaryono punya kapasitas, dan juga moncer di beberapa lembaga survei.

"Kalau melihat survei, elektabilitas Mas Dar (Sudaryono) juga tidak diragukan. Nama dia selalu ada di tiga besar. Bahkan pernah masuk di peringkat satu dalam survei," katanya.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024