Semarang (ANTARA) - Lembaga survei Kanigoro Network mencatat elektabilitas Siti Atikoh, istri mantan calon Presiden Ganjar Pranowo, mengungguli mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, sebagai bakal calon wakil gubernur untuk diusung dalam Pilgub Jawa Tengah 2024.

Pendiri Kanigoro Network, Joko Kanigoro, dalam siaran pers di Semarang, Kamis, mengatakan, survei elektabilitas sejumlah tokoh jelang Pilkada 2024 dilakukan di 35 kabupaten/ kota di Jawa Tengah pada 1 hingga 15 Juni 2024.

Dalam survei, kata dia, dilakukan pengukuran empat nama bakal calon gubernur dan empat nama calon wakil gubernur yang selanjutnya disimulasikan dua pasang calon.

"Mengerucut ke empat sosok calon wakil gubernur, Siti Atikoh, Taj Yasin Maimoen, Yusuf Chudlori  (Ketua PKB Jawa Tengah) , dan Casytha Arriwi Kathmandu (anggota DPD RI)," katanya.

Menurut dia, Siri Atikoh meraih elektabilitas sebesar 30,4 persen, mengungguli Taj Yasin yang meraih 22,7 persen.

Ia menjelaskan efek kepemimpinan Ganjar Pranowo saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode cukup signifikan mengangkat kepercayaan publik terhadap Siti Atikoh.

"Faktor ketokohan Ganjar Pranowo sangat berperan," katanya.

Selain itu, lanjut dia, latar belakang Taj Yasin meski berasal dari kalangan santri juga dinilai belum mampu meyakinkan publik.

Survei kedua Kanigoro Network untuk Pilkada Jawa Tengah ini melibatkan 2.100 respon yang terpilih dengan kriteria tokoh yang dapat mempengaruhi pemilih lainnya berdasarkan kemampuan dalam melakukan penilaian kompetensi dan kelayakan sosok calon kepala daerah.

Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024