Semarang (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Tegal Dadang Somantri melepas Kontingen Kota Tegal untuk berlaga pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng), di GOR Wisanggeni Kota Tegal, Rabu (19/6/2024) pagi.

Ditemui sesaat melepas kontingen Kota Tegal, Dadang Somantri di hadapan kontingen Kota Tegal menyampaikan kepercayaannya kepada atlet pelajar Kota Bahari ini yang telah mempersiapkan fisik dengan berlatih secara optimal untuk bertanding.

Dadang berharap Kontingen Kota Tegal dapat masuk 16 besar pada ajang Popda Jateng yang akan berlangsung di Kota Semarang.

"Saya percaya latihan-latihan rutin dan disiplin yang dilakukan selama ini telah membuat fisik para atlet pelajar Kota Tegal menjadi bugar dan prima. Asupan makanan, vitamin dan istirahat pun saya yakin sudah disiapkan sebaik mungkin," ujar Pj. Wali Kota Tegal.

Di sisi lain, Pj. Wali Kota Tegal mengingatkan bahwa, selain berlatih, latihan fisik yang baik, berdoa, berusaha semaksimal mungkin agar nantinya bisa meraih hasil yang optimal, para atlet juga perlu menyiapkan mental, dan pola mikir atau mindset.

Menurutnya, mindset adalah pola pikir yang dapat menentukan keberhasilan atau kesuksesan seseorang. Dengan memahami mindset, seseorang dapat mengenali dan memahami diri sendiri. Mindset mempunyai andil besar bagi kehidupan sehari-hari. Mindset bisa menjadi penentu seseorang dapat atau tidak dalam menghadapi situasi apa pun. 

Dadang Somantri berterima kasih kepada semua yang akan berjuang di laga Popda Jateng. Harapan besar kepada cabang olahraga pencak silat dan kempo yang tahun 2023 lalu bisa menyumbangkan medali emas di kejuaraan Popda Jateng, tahun 2024 ini bisa tetap stabil dan bahkan semakin unggul. 

Ia juga berpesan agar cabang olahraga lain bisa mendapatkan hasil maksimal dengan menjadi juara. "Harapan yang sama besar juga saya berikan kepada cabang olahraga menembak dan balap sepeda yang baru tahun ini ikut serta ke Popda Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kedua cabor ini juga memiliki tugas yang sama untuk meraih medali emas," harap Dadang Somantri.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kota Tegal Irkar Yuswan Apendi, dalam laporannya menyampaikan Popda akan diselenggarakan dalam dua tahap, pada tahap I dilaksanakan pada Kamis, (20/6/2024) sampai Minggu, (23/6/2024) dan Tahap II berlangsung Senin, (24/6/2024) sampai Kamis, (27/6/2024). 

Kontingen Kota Tegal mengirimkan 77 peserta dari 14 Cabang Olahraga yang diikuti, dengan rincian pada Tahap I, dari cabang olahraga menembak 6 atlet, 2 pelatih; panahan 4 atlet, 2 pelatih; panjat tebing 1 atlet, 1 pelatih; pencak silat 1 atlet, 1 pelatih; tenis meja 3 atlet, 1 pelatih; taekwondo 1 atlet, 1 pelatih; tinju 6 atlet dan 2 pelatih.

Sementara untuk Tahap II, atletik  1 atlet, 1 pelatih; balap sepeda 4 atlet, 2 pelatih; gulat 5 atlet, 2 pelatih; kempo 9 atlet, 2 pelatih; karate 6 atlet, 2 pelatih; renang 5 atlet, 2 pelatih; tenis 2 atlet, 2 pelatih. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024