Solo (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta memastikan keandalan listrik selama perayaan Idul Adha 2024.

Manager PLN UP3 Surakarta Muhammad Khadafi, di Solo, Jawa Tengah, Kamis, mengatakan salah satu upaya yang dilakukan dengan mengerahkan pasukan khusus tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) yang artinya PLN melakukan pemeliharaan jaringan tanpa memadamkan jaringan listrik.

"Kami juga khusus menerjunkan Tim PDKB, pasukan elit PLN yang sudah terlatih melakukan penyambungan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan listrik tanpa padam," katanya pula.

Ia mengatakan untuk kesiapan pasokan listrik selama perayaan Idul Adha sudah dilakukan secara berkesinambungan.

"Manfaat peningkatan keandalan tanpa padam melalui keberadaan pasukan PDKB selain masyarakat tidak merasakan dampak padam akibat pekerjaan, PLN juga melakukan efisiensi biaya pemeliharaan dan menyelamatkan energi yang tidak tersalurkan jika pekerjaan harus padam," katanya.

Kepala Tim PDKB PLN UP3 Surakarta Wahyuli Christanto mengatakan telah melaksanakan kegiatan PLN 2 Kolaborasi dengan Tim PDKB PLN UP3 Sukoharjo melalui pemeliharaan jaringan tanpa padam secara bersamaan.

"Harapannya tentu agar jaringan listrik tetap andal dan perayaan hari Raya Idul Adha dapat berjalan lancar tanpa kendala suatu apapun apalagi gangguan kelistrikan," katanya lagi.

Ia mengatakan pekerjaan PDKB memiliki tantangan berbeda sesuai dengan lokasi, jarak, dan jumlah titik inspeksi yang tersebar di berbagai tempat dan semua harus dituntaskan sesuai target waktu yang ditetapkan.

"Prinsip kami adalah mematuhi instruksi kerja, melaksanakan pekerjaan sesuai SOP, memitigasi risiko yang mungkin terjadi serta satu komando komunikasi, alhamdulillah pekerjaan selesai dengan tuntas," katanya pula.

Baca juga: Kenali ciri-ciri petugas PLN agar terhindar dari penipuan

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024