Boyolali (ANTARA) - Panitia Penyenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo telah memberangkatkan calon haji kelompok terbang (Kloter) terakhir atau 100 asal Jawa Tengah dan DIY ke Tanah Suci, melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Senin, pukul 02.50 WIB.  

Calon haji kloter 100 atau sering disebut kloter sapu jagat merupakan kloter terakhir pemberangkatan Embarkasi Solo asal Jateng dan DIY ke Arab Saudi, mulai kloter pertama pada tanggal 12 Mei 2024 hingga kloter terakhir, Senin (10/6).  

Kepala Subbag Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rahma Indriadi mengatakan calon haji kloter terakhir atau 100 asal Wonogiri, Jateng, dan DIY sebanyak 354 orang telah diberangkatkan ke Tanah Suci, pada pukul 02.50 WIB. Kloter 100 ini, merupakan kloter terakhir pemberangkatan dari Embarkasi Solo ke Tanah Suci.

Calon haji kloter 100 sebanyak 354 orang sehingga total calon haji asal Jateng dan DIY yang diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 35.982 orang dari rencana sebelumnya sebanyak 36.012 orang.

"Jumlah calhaj Embarkasi Solo itu, yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci sebanyak 35.982 orang yang terdiri dari 32.080 orang asal Jateng, 3.402 orang DIY dan 500 petugas," katanya.

Dia mengatakan calon haji yang masuk Embarkasi Solo dan batal berangkat ke Tanah Suci ada 30 orang yakni karena wafat di Embarkasi ada dua orang, dua pendamping, satu orang karena hamil, 25 orang karena sakit atau tidak layak terbang.  

Dia mengatakan untuk jumlah jamaah calon haji yang wafat sejumlah 14 orang dengan rincian di Embarkasi Solo dua orang, di Madinah Arab Saudi dua orang dan Makkah ada 10 orang.

Jamaah calon haji yang sakit dirawat di rumah sakit hingga keberangkatan kloter terakhir tidak ada. Jamaah hingga keberangkatan kloter terakhir tidak ada yang sakit dan mereka sudah diberangkatkan semua.

"Jamaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci asal Jateng dan DIY hingga kloter 100 ini. Sehingga, kegiatan pemberangkatan calon haji sudah selesai dan tinggal menunggu kedatangan pemulangan jamaah haji di Tanah Air," katanya.

Dia mengatakan untuk kedatangan haji asal Indonesia khususnya di Embarkasi Solo kloter pertama dijadwalkan, pada Minggu (23/6). Rombongan kloter pertama akan tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, dijadwalkan pukul 00.50 WIB, kemudian proses pemulangan ke daerahnya masing-masing.  


 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024