Semarang (ANTARA) - Pada Hari Pendidikan Nasional yang selalu diperingati dengan semangat dan antusiasme, ada kabar gembira yang datang dari Kabupaten Kendal.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal berhasil meraih juara I dalam "Lomba Insan Pendidikan" yang diselenggarakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah.

Kemenangan ini bukan hanya sekadar prestasi, melainkan juga bukti nyata tentang dedikasi dan kreativitas yang dimiliki oleh para pendidik.

Lomba video BBGP Provinsi Jateng diadakan sebagai bagian dari rangkaian acara Hari Pendidikan Nasional. Tujuannya untuk menampilkan inovasi, kreativitas, dan dedikasi para pendidik dalam menyampaikan pesan-pesan pendidikan. Lomba ini diikuti oleh berbagai dinas pendidikan dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah.

Ninik Chaeroni, Kabid Pembinaan SD Disdikbud Kendal dan Diannita Ayu Kurniasih, Kepala SDN 1 Kebumen Kendal, menjadi perwakilan Kabupaten Kendal saat sesi presentasi.

Strategi Penguatan Kompetensi Guru dalam Peningkatan Literasi Numerasi yang disingkat menjadi "Spektrum" adalah nama materi video yang diusung sesuai dengan tema lomba, yakni transformasi pendidikan.

Video dirancang berdasarkan hasil analisis Rapor Pendidikan 2023. Rapor pendidikan menjadi indikator proses dan hasil pembelajaran di sekolah. Aspek literasi dan numerasi pun menjadi cerminan potret pendidikan. Literasi dan numerasi menjadi aspek yang bertalian dengan output peserta didik dengan kompetensi guru dalam dua bidang ini.

Miskonsepsi mengenai literasi dan numerasi di kalangan guru menjadi tantangan terbesar Disdikbud Kendal. Bagi kebanyakan guru, literasi masih dianggap sekadar kegiatan membaca rutin sedangkan numerasi sebagai pelajaran matematika. Kurangnya inovasi dan kolaborasi dan minimnya peran komunitas belajar menjadi pencetus Disdikbud Kendal untuk menciptakan solusi.

Spektrum menjawab tantangan yang terjadi melalui beberapa tahapan, di antaranya analisis rapor pendidikan, penyusunan program, bimtek, workshop, pelatihan literasi dan numerasi, dan supervisi.

Dengan komitmen bersama, Spektrum menunjukkan peningkatan rapor pendidikan pada aspek literasi numerasi yang signifikan dan dapat dirasakan oleh guru juga peserta didik.

Kemenangan Disdikbud Kendal dalam lomba ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. "Ini adalah hasil kerja keras, kolaborasi seluruh tim, serta dukungan positif yang luar biasa dari Ferinando Rad Bonay, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal. Kemenangan ini juga bukan hanya untuk Disdikbud Kendal, melainkan untuk seluruh masyarakat Kendal yang selalu mendukung pendidikan yang lebih baik dan berkualitas," ujar Ninik Chaeroni.

Sebagai fasilitator daerah Tanoto Foundation, Ninik Chaeroni dan Diannita Ayu Kurniasih, mengaku mendapat banyak pengalaman bermakna selama pelatihan program yang diikuti. Kemudian dijadikannya pengalaman tersebut sebagai dasar penyusunan program dalam meningkatkan angka keterampilan literasi dan numerasi di lingkungan pendidikan Kabupaten Kendal.

Kemenangan ini membawa harapan baru bagi dunia pendidikan di wilayah Kabupaten Kendal. Ini membuktikan bahwa dengan kerja keras, kreativitas, dan semangat kebersamaan, berbagai tantangan dalam dunia pendidikan dapat dihadapi dan diatasi.
 
“Prestasi ini memberikan motivasi yang begitu tinggi bagi kami untuk terus berkarya,” ungkap Diannita.

Di masa mendatang perluasan program kolaborasi dengan pemangku dari luar Pemerintah, seperti komunitas literasi, numerasi, dan mitra pembangunan juga akan dilakukan demi keberlanjutan Spektrum. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024