Semarang (ANTARA) - Tim PKM Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) melaksanakan pengabdian masyarakat tentang peningkatan semangat berwirausaha kepada paguyuban UKM di Kelurahan Krobokan, Kota Semarang.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tri Dharma perguruan tinggi yang didanai oleh Universitas Semarang.

Adapun pelaksanakannya pada tanggal 14 Mei 2024 yang berlokasi di Bank Sampah Resik Becik di Jalan Cokrokembang Semarang Barat.

Tim PKM terdiri atas ketua Totok Wibisono, S.E., M.M, dengan anggota Tri Endang Yani, S.E., M.Si., dan Anantya Roestanto, S.E., M.M.

Totok Wibisono mengatakan bahwa tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan dan  memotivasi pelaku UKM untuk lebih bersemangat dalam menjalankan usahanya. Sebagaimana diketahui pandemi COVID-19 telah menyebabkan dampak negatif bagi UMK yang dampaknya masih dirasakan sampai saat ini.

”Sangat perlu dilakukan upaya-upaya untuk membangkitkan kembali semangat pelaku usaha dalam berwirausaha," ujar Totok.

Dalam kesempatan ini disampaikan mengenai nilai-nilai apa saja yang diperlukan untuk keberhasilan dalam berwirausaha. Nilai-nilai tersebut, antara lain, percaya diri, keberanian mengambil risiko, berorientasi pada tugas dan hasil, kepemimpinan, berorientasi pada masa depan, keorisinalan, jujur  serta tekun.

Sementara itu Ika Yudha Kurniasari selaku pendamping UKM mengatakan berterima kasih dengan adanya kegiatan ini. Ia berharap kegiatan ini dapat memotivasi para pelaku UKM untuk lebih bersemangat lagi dalam menjalankan usahanya.

”Kami sangat berterima kasih kepada Tim PKM dari Universitas Semarang yang telah memberikan motivasi kepada pelaku UKM. Hal ini bisa menambah semangat bagi seluruh anggota paguyuban UKM dalam menjalankan usahanya,"  ujar Ika Yudha Kurniasari. ***

 

 

 

 


Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024