Wonosobo (ANTARA) - Pramuka menjadi salah satu sarana membentuk generasi yang kreatif, pemberani, dan siap dalam menghadapi semua tantangan, kata Bunda Siaga Kabupaten Wonosobo Dyah Arif Nurhidayat.

"Hal ini sejalan dengan tugas dan kewajiban yang diberikan untuk dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab," katanya saat membuka Pesta Siaga tahun 2024 Tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Wonosobo, di Halaman Pendopo Bupati Wonosobo, Selasa.

Selain itu, katanya, untuk menjadi generasi unggul pada masa depan juga harus memiliki mental dan karakter budi pekerti yang kuat dan baik, termasuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga dapat menjadi penerus bangsa yang unggul. 

"Bunda berpesan nanda harus memiliki karakter positif yang kuat, seperti jujur, rela berkorban untuk bangsa dan negara, saling mengasihi, bertakwa, disiplin, sportif, serta berkemauan untuk terus memupuk rasa persatuan dan kesatuan. Berwawasan kebangsaan, juga kesadaran berbangsa dan bernegara," katanya.

Melalui kegiatan itu, lanjutnya, peserta mendapatkan pengalaman yang berharga, seperti keterampilan, nilai persahabatan, dan penguatan kedisiplinan. Pesta Siaga juga akan menumbuhkan kemandirian, rasa tanggung jawab, dan penghayatan, serta penerapan nilai-nilai dasar pada para peserta.

"Pesta Siaga ini sebagai ajang untuk menempa kemampuan, menjalin persahabatan dengan teman, sarana untuk menambah pengalaman, mengenali bakat dan kemampuan masing-masing," katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Pesta Siaga Cabang Kabupaten Wonosobo Nurul Hidayati menyampaikan Pesta Siaga menjadi ajang berkreativitas anak, karena didalamnya berisi lomba-lomba yang telah disiapkan oleh para pembina.

Bagi juara di tingkat kwartir cabang (kwarcab) baik barung putra maupun putri akan menjadi wakil dari Wonosobo di ajang tingkat Korwil II di Klaten.

"Kegiatan ini merupakan wadah pembinaan bagi peserta. Setelah mengikuti Pesta Siaga, diharapkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan anggota semakin meningkat untuk mengembangkan gugus depan masing-masing," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan Pesta Siaga dapat menanamkan perilaku baik dalam kehidupan sehari-hari pada diri peserta, sesuai janji Dwi Dharma dan Dwi Satya Pramuka.

Pesta Siaga Tahun 2024 Kwarcab Kabupaten Wonosobo diikuti perwakilan terbaik 1 dan 2 dari 15 kwartir ranting, dimana setiap kwartir ranting mengirimkan barung putra dan barung putri dengan total peserta 480 orang.


Baca juga: Pemkab Batang wajibkan siswa ikut pramuka

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024