Temanggung (ANTARA) - Sebanyak 88 peserta calon anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mengikuti computer assisted test (CAT) di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung.

Ketua Bawaslu Kabupaten Temanggung Roni Nefriadi di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa, mengatakan bahwa mereka yang ikut CAT tersebut dari 14 kecamatan di daerah ini.

"Kemarin yang mendaftar sebanyak 89 peserta. Akan tetapi, pada seleksi administrasi satu peserta dinyatakan tidak memenuhi syarat karena masih anggota partai politik," katanya.

Pada hari ini dilakukan CAT di BKPSDM Kabupaten Temanggung dibagi tiga sesi pagi, siang, dan sore.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Muhammad Amin usai memantau CAT calon anggota panwaslu menyebutkan ada 476 kecamatan di Jateng yang melakukan perekrutan panwaslu tingkat kecamatan.

Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, kata Amin, untuk Kota Surakarta tidak melakukan ujian karena memang sudah ditetapkan semua sehingga tinggal 34 kabupaten/kota.

"Dari 34 kabupaten/kota tersebut, ada yang melakukan tes satu sesi, dua sesi, dan ada tiga sesi. Sejauh ini dari 34 kabupaten/kota yang menyelenggarakan CAT berjalan baik, tidak ada kendala pada jaringan," katanya.

Ia mengatakan bahwa pelantikan panwaslu tingkat kecamatan pada tanggal 24—25 Mei 2024 secara serentak di Jawa Tengah.

"Harapannya untuk pilkada ini mendapatkan pengawas-pengawas yang kredibel, pengawas-pengawas yang siap untuk bekerja di lapangan," katanya.

Baca juga: Bawaslu Semarang kekurangan 26 anggota panwascam pilkada

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024