Purwokerto (ANTARA) - Semangat nasionalisme dan kepedulian lingkungan terlihat jelas di antara mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) setelah nonton bareng (nobar) pertandingan babak semifinal Piala Asia U23 antara Tim Nasional Indonesia dan Uzbekistan. 

Kelompok mahasiswa UMP yang peduli lingkungan, Relawan Green menginisiasi aksi gotong royong memunguti sampah di sekitar area nobar pada Senin (29/4) malam hingga Selasa (30/4) dini hari.

Nobar yang digelar di depan Gedung Rektorat UMP itu mengundang antusiasme besar dari mahasiswa dan masyarakat umum untuk mendukung Timnas Indonesia. 

Namun setelah acara selesai, Tim Relawan Green tidak tinggal diam. Mereka segera turun tangan untuk memunguti sampah yang tersebar di sekitar lokasi nobar.

Baca juga: Ini cerita alumni Teknik Kimia UMP sukses raih peluang kerja di perusahaan ternama

Salah seorang personel Relawan Green UMP, Muhammad Arkan Naufal mengatakan kegiatan gotong royong tersebut menegaskan komitmen Relawan Green UMP dalam menjaga kebersihan lingkungan dan memperkuat rasa kebersamaan serta solidaritas dalam mewujudkan Indonesia yang bersih dan hijau. 

Ia mengharapkan semangat tersebut dapat menular kepada masyarakat luas dan mendorong adopsi perilaku peduli lingkungan di berbagai lapisan masyarakat. 

"Kami sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, terutama di lingkungan kampus kami sendiri. Dengan gotong royong ini, kami ingin memberikan contoh nyata bahwa kami tetap menjadi bagian dari Indonesia yang bersih dan berbudaya," ungkapnya.

Selain relawan dan mahasiswa, pedagang sekitar kampus juga turut berpartisipasi dalam kegiatan memunguti sampah tersebut. Salah seorang pedagang SunMore UMP di dekat area nobar, Misnen menyambut baik inisiatif tersebut. 

"Kami sangat mengapresiasi langkah mahasiswa dalam menjaga kebersihan lingkungan. Semoga kegiatan seperti ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar untuk turut peduli dan bertindak," ujarnya. (tgr)

Baca juga: UMP salurkan laptop-tablet dari Kemendikbudristek untuk fasilitas mahasiswa
Baca juga: Prodi Akuakultur UMP siap kembangkan bakat di bidang akuakultur
Baca juga: Membangun masa depan bersama Pendidikan Geografi UMP, pilihan cerdas mahasiswa baru

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024