Semarang (ANTARA) - Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang membangun jejaring kerja sama internasional 
guna mempersiapkan diri sebagai universitas berkelas dunia atau world class university.

 Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah dengan menjalin kerja sama dengan beberapa universitas dan lembaga di luar negeri. Kerja sama dilaksanakan beberapa waktu yang lalu oleh delegasi UIN Walisongo yang dipimpin oleh Prof. Nizar, M.Ag. (Rektor) didampingi Prof. Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof.Dr. H.Muhyar Fanani, M.Ag. (Wakil Direktur Pascasarjana), Nadiatus Salama, Ph.D. (Kepala Kantor Layanan Internasional), dan Fertiana Santy, Ph.D (Ahli Madya Analis Kebijakan Kementerian Agama RI).

UIN Walisongo membangun jejaring internasional di kawasan Inggris Raya (United Kingdom) dan Prancis melalui pengembangan kerja sama melalui akademic visit di berbagai universitas yaitu University of Edinburgh, University of Strathclyde Glasglow dan Middlesex University London.

Selain itu UIN Walisongo juga pengembangan kerjasama dengan Islam Channel London, saluran televisi satelit dan platform media online berbasis Islam dengan menggunakan bahasa Inggris dan berfokus pada Islam. 

Prof. Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag.  Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan menyampaikan salah satu hasil kerja sama di Lyon, Prancis.
 
“Hasil pengembangan kerjasama melalui akademic visit di Institut Francais de Musulman  salah satunya adalah UIN Walisongo melatih calon imam selama satu semester dan memberikan sertifikat kepada mereka. Selain itu nantinya akan dibangun Pusat Studi Prancis di UIN Walisongo. Adapun dengan Alwaleed Center University of Edinburgh nantinya adanya kolaborasi riset serta bagi mahasiswa UIN Walisongo bisa mengikuti event akademik secara gratis disana dan short course di Edinburgh,” ungkapnya.

Pengembangan kerja sama dengan University of Strathclyde Glasglow di bidang social science dan humanities yang nantinya bisa berkolaborasi dengan Fakultas Psikologi dan Kesehatan diantaranya melalui kunjungan profesor dan ruang bagi student mobility

Hasil pengembangan kerja sama dengan Middlesex University London adalah tentang pengelolaan BLU dan pengembangan universitas melalui tata aset dan unit usaha yang bisa diadopsi di UIN Walisongo. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024