Kudus (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan personel dan peralatan pendukung untuk mengantisipasi potensi terjadinya bencana alam selama libur Lebaran 2024.
 
"Selain menyiapkan relawan, kami juga sudah berkoordinasi dengan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Kabupaten Kudus, untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana alam, terutama saat Lebaran," kata Kepala Pelaksana BPBD Kudus Mundir di Kudus, Senin.
 
Dengan demikian, kata dia, para relawannya juga disiagakan dan  etiap saat bisa diterjunkan ketika ada permintaan bantuan penanganan bencana alam.
 
Apalagi, lanjut dia, prediksi cuaca ekstrem berlangsung hingga Lebaran nanti sehingga perlu kewaspadaan bersama, terutama terhadap daerah yang berpotensi terjadi bencana alam berupa banjir dan tanah longsor.
 
Sementara untuk membantu potensi bencana selama arus mudik Lebaran, BPBD Kudus juga membantu menyiapkan posko mudik dengan menerjunkan para relawan dan personel BPBD untuk siaga selama 24 jam di posko secara bergiliran, termasuk mobil ambulans dan mobil pemadam kebakaran juga disiapkan.
 
Untuk peralatan pendukung dalam menghadapi bencana alam, kata dia, juga sudah disiapkan mulai dari perahu karet plus mesin, tenda pleton dan regu, generator set (genset), pelampung belasan unit, tali carmentel, dan sejumlah alat pendukung lainnya.
 
Dalam menghadapi bencana alam yang tidak diprediksi, BPBD juga didukung anggaran karena bisa memanfaatkan dana tidak terduga.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024