Solo (ANTARA) - Paguyuban Solo Bersama Selamanya (SBS) membagikan 10.000 paket sembako kepada warga kurang mampu yang digelar menjelang Lebaran, di Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Ketua Panitia SBS 2024 Tanu Kismanto mengatakan kegiatan yang rutin dilakukan menjelang Lebaran sejak belasan tahun yang lalu tersebut dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi antaretnis dan agama di Kota Solo.

"Kegiatan itu, dengan melibatkan ratusan donatur yang terdiri dari berbagai komunitas seperti organisasi, perbankan hingga komunitas lainnya di Solo," kata Tanu Kismanto.

Dia mengatakan kegiatan yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka tersebut berhasil membagikan 10.000 paket sembako yang berisi mie, beras, gula, minyak goreng dan beberapa produk UMKM bagi masyarakat Kota Solo yang membutuhkan.

Ribuan warga sudah mengantre di pintu barat Benteng Vastenburg untuk menukarkan kupon dengan paket sembako yang telah disediakan. Tampak pula ratusan relawan PMI Solo yang bertugas menyalurkan sembako tersebut.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Solo Budi Purwanto mengatakan PMI Solo dalam kegiatan SBS 2024 tersebut telah melibatkan lebih dari 400 relawan. Ada sekitar 439 relawan yang terdiri dari Korp Surarela (KSR) dan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat), serta satu unit mobil ambulans lengkap beserta tim medisnya yang dikirimkan dalam kegiatan SBS 2024 di Benteng Vastenburg ini.

Bahkan, kata dia, ramainya dalam kegiatan pembagian paket sembako tersebut menyebabkan beberapa penerima bantuan mendapatkan pertolongan medis oleh tim dari PMI Solo.

"Tadi, ada beberapa warga penerima yang pingsan, luka lecet dan memar hanya jumlahnya tidak banyak. Tadi sudah diberikan pelayanan medis pada tiga penerima manfaat" katanya.

Kegiatan tersebut, kata dia, tentunya mendapat apresiasi dari banyak pihak salah satunya, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, yang menyampaikan apresiasi para donatur dan tokoh serta antusias warga yang harus di kegiatan SBS 2024.*

Baca juga: 19 poliklinik di RSUD Kudus yang tetap buka selama libur Lebaran

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024