Kota Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menggratiskan tiket masuk beberapa objek wisata yang dimiliki pemerintah setempat pada 1 April 2024 dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-118 Kota Pekalongan.

Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Pekalongan Retno Purnomo di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa kebijakan tersebut diambil untuk merayakan momen Hari Ulang Tahun Ke-118 Kota Pekalongan sekaligus mempromosikan objek wisata di daerah itu.

"Kami berharap kebijakan ini dapat meningkatkan kunjungan wisata dan menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar," katanya.

Menurut dia, pihaknya memiliki objek wisata yaitu Museum Batik Pekalongan, Taman Wisata Laut (TWL) Pasir Kencana, Pantai Slamaran dan Pusat Informasi Mangrove (PIM) Pekalongan.

"Oleh karena itu kami persilakan masyarakat yang ingin berkunjung ke objek wisata tanpa dipungut tiket masuk alias gratis," katanya.

Retno Purnomo mengatakan saat ini pemerintah daerah terus melakukan penataan aset wisata yang dikelola agar dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung wisata.

Selain itu, kata dia, pihaknya terus melakukan pembenahan sarana dan prasarana penunjang di dalam objek wisata agar lebih menarik dan membawa minat pengunjung berkunjung ke objek wisata.

"Kami juga bekerja sama dengan sejumlah 'event organizer' dan menggandeng sejumlah komunitas untuk meramaikan objek wisata. Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan waktu jelang berbuka puasa di salah satu destinasi wisata seperti di Taman Wisata Laut Pasir Kencana sambil menikmati pemandangan pantai dan matahari terbenam," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024