Semarang (ANTARA) - Dr.Telogo Wismo Agung Durmanto terpilih sebagai Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Jawa Tengah untuk periode 2024-2027.

Ketua Presidium Sidang Musyawarah wilayah IDI Jawa Tengah Husein Prabowo dalam siaran pers di Semarang, Senin, mengatakan, dr.Telogo Wismo terpilih secara musyawarah mufakat yang oleh pengurus IDI di tingkat kabupaten/kota.

Telogo Wismo menggantikan dr.Djoko Handjojo yang di pengurusan 2024 hingga 2027 ini terpilih sebagai Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI Jawa Tengah

Sementara Ketua IDI Jawa Tengah Telogo Wismo meminta seluruh anggota untuk merapatkan barisan dan tetap solid serta menjaga kerukunan.

Dokter yang bertugas di Puskesmas Godong, Kabupaten Grobogan, itu siap memberikan fasilitasi dan pelatihan bagi dokter-dokter muda untuk melakukan praktik.

Ia menegaskan tetap tegak luruh pada aturan PB IDI berkaitan dengan pemberian rekomendasi praktik bagi dokter.

"Berkaitan Undang-undang Kesehatan, rekomendasi praktik ini sangat krusial karena kami bisa mengetahui seseorang itu dokter sesungguhnya atau tidak," katanya.

Dalam pemberian rekomendasi praktik, lanjut dia, IDI melakukan sidang untuk menelaah administrasi, etika, dan lainnya.

Menurut dia, Undang-undang Nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan tidak sejalan dengan IDI dalam pemberian rekomendasi praktik dokter.

Sementara Ketua MKEK IDI Jawa Tengah Djoko Handjojo menambahkan rekomendasi praktik dokter diterbitkan oleh Komisi Rekomendasi Ijin Praktik IDI.

"Etika dokter harus selalu dijaga agar pelayanan terbaik bagi masyarakat dapat terus dijaga," katanya.

Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024