Cilacap (ANTARA) - Sejumlah calon anggota legislatif (caleg) DPR RI petahana dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII yang meliputi Kabupaten Cilacap dan Banyumas berpotensi kembali melenggang ke Senayan, Jakarta.

Berdasarkan data real count yang diunggah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melalui laman Info Publik Pemilu 2024, Rabu, pukul 07.00 WIB, sejumlah caleg petahana Dapil Jateng VIII yang berpotensi kembali melenggang ke Senayan, antara lain Siti Mukaromah dari Partai Kebangkitan Bangsa yang sudah memperoleh 56.489 suara.

Selanjutnya, Novita Wijayanti dari Partai Gerakan Indonesia Raya meraih 113.585 suara, Adisatrya Suryo Sulisto dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memperoleh 85.898 suara, Teti Rohatiningsih dari Partai Golongan Karya mendapatkan 65.284 suara.

Kemudian, Sugeng Suparwoto dari Partai Nasional Demokrat memperoleh 69.160 suara, dan Wastam dari Partai Demokrat mendapatkan 86.265 suara.

Perolehan suara tersebut berasal dari 9.176 tempat pemungutan suara (TPS) atau 79,44 persen dari total 11.551 TPS yang tersebar di Kabupaten Cilacap.

Ketua KPU Kabupaten Cilacap Weweng Maretno mengakui jika sejumlah caleg DPR RI petahana dari Dapil Jateng VIII berpotensi kembali melenggang ke Senayan berdasarkan real count yang ditayangkan melalui laman Info Publik Pemilu 2024.

"Sepertinya demikian. Namun kami belum bisa menentukan siapa saja caleg yang lolos ke Senayan," katanya menegaskan.

Menurut dia, hal itu disebabkan pihaknya hanya akan menetapkan hasil rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten, selanjutnya ada rapat pleno penetapan alokasi kursi, sesi penetapan calon terpilih, sehingga masih ada beberapa tahapan untuk mengetahui siapa caleg yang akan terlantik.

Dalam hal ini, kata dia, rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten akan dilaksanakan pada tanggal 26 Februari hingga 3 Maret.

"Saat ini masih dilakukan rekapitulasi tingkat kecamatan yang akan berlangsung hingga 24 Februari," katanya.

Salah seorang caleg DPR RI petahana, Teti Rohatingsih mengaku optimistis melenggang ke Senayan untuk kedua kalinya.

Menurut dia, tim sukarelawan tingkat kabupaten hingga TPS terus mengawal proses rekapitulasi secara berjenjang sejak pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

"Alhamdulillah telah dikasih amanah untuk ikut kontestasi Pemilu 2024. Hingga saat ini kami sudah memasukkan data C1 plano, untuk Dapil Jateng VIII, kurang lebih sudah 96,4 persen," kata politikus Partai Golkar itu.

Selain menunggu hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 secara berjenjang, kata dia, pihaknya juga melakukan penghitungan secara mandiri berdasarkan laporan tim yang tersebar di tingkat TPS hingga kabupaten.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada sesama caleg dari Partai Golkar dan penyelenggara pemilu di Kabupaten Cilacap maupun Banyumas serta seluruh masyarakat di Dapil Jateng VIII atas terselenggaranya pemilihan umum yang aman, damai, dan lancar, walaupun tahapan belum selesai.

"Mari kita tunggu dengan sabar perhitungan KPU, sambil berdoa, semoga berkah bagi Indonesia dan Dapil Jateng VIII dari Fraksi Golkar," kata istri mantan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji itu.

Sementara itu, Koordinator Tim Pemenangan "Teti-Tieta" Arinta Kameswara mengatakan pihaknya merekrut sekitar 9.000 sukarelawan berbasis TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Cilacap dan Banyumas.

Sebelum diterjunkan, kata dia, ribuan sukarelawan berbasis TPS tersebut lebih dulu mendapatkan pelatihan untuk meminimalisasi kesalahan walaupun dengan persentase kecil.

"Secara umum, perolehan suara Bunda Teti berdasarkan C1 dan relawan TPS, untuk Kabupaten Cilacap telah mendapatkan 71.968 suara, sedangkan di Banyumas sebanyak 7.242 suara, sehingga total mencapai 79.210 suara," katanya menjelaskan.

Dia mengatakan hal itu berarti sejalan dengan perolehan suara sementara di laman Info Publik Pemilu 2024 yang selalu berubah setiap beberapa menit.

 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024