Batang, Jateng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyiapkan honor untuk 17.983 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Pemilu 2024 sebesar Rp23,6 miliar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang Susanto Waluyo di Batang, Selasa, mengatakan bahwa tidak ada potongan apapun untuk para penyelenggara Pemilu 2024 kecuali bea pajak.

"Bea pajak banyak ditarik dari para aparatur sipil negara yang terlibat sebagai penyelenggara pemilu. Pajak itu dipungut untuk disetorkan ke kas negara," katanya.

Menurut dia, pajak aparatur sipil negara untuk golongan I dan II sebesar 0 persen, golongan III 5 persen dan golongan IV sekitar 15 persen.

Anggaran untuk honor penyelenggara Pemilu 2024 tersebut, kata dia, sudah diambil oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Selanjutnya, kata dia, dana tersebut dari PPS bisa didistribusikan ke KPPS untuk pembuatan tempat pemungutan suara, honor KPPS, serta kebutuhan makan dan minum.

Jumlah honor keseluruhan 17.983 petugas KPPS mencapai Rp23,6 miliar dengan rincian untuk Ketua KPPS Rp1,2 juta, anggota KPPS Rp 1,1 juta dan petugas perlindungan masyarakat Rp700 ribu.

"Kami berharap dengan cairnya anggaran ini mereka bisa melaksanakan Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara dengan lancar dan baik," katanya.
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024