Jepara (ANTARA) - Pengamanan Pemilu 2024 di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, bakal melibatkan 7.824 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), menyusul adanya penyerahan anggota satlinmas oleh Pemkab setempat ke Polres Jepara.

"Serah terima anggota satlinmas yang nantinya di Bawah Kendali Operasi (BKO) Polres Jepara untuk pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024, berlangsung hari ini (5/2)," kata Sekda Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko saat apel gelar pasukan dan pengukuhan satlinmas Jepara dilanjutkan penandatanganan berita acara serah terima BKO satlinmas se-Kabupaten Jepara di halaman Setda Jepara, Senin.

Dalam serah terima anggota aatlinmas melalui apel, Pemkab Jepara diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko, sedangan Polres Jepara Wakapolres Jepara Kompol Indra Jaya Syafputra.

Edy menyampaikan bahwa dari seluruh anggota satlinmas yang diperbantukan ke Polres Jepara, sebanyak 6.980 personel akan bertugas mengamankan tempat pemungutan suara (tps).

"Sebanyak 844 anggota satlinmas lainnya bertugas di luar tps, yakni pps (panitia pemungutan suara) dan ppk (panitia pemilihan kecamatan)," ujarnya.

Ia berpesan agar tugas tersebut dilaksanakan sebaik-baiknya. Kalaupun menemui potensi konflik segera laporkan dan koordinasikan kepada pihak terkait karena semua memiliki tugas dan kewenangan masing-masing.

"Semu anggota satlinmas juga kami minta untuk menguatkan komitmen mewujudkan seluruh rangkaian Pemilu 2024 yang aman, tertib, dan kondusif," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan membenarkan bahwa sudah ada penyerahan 7.824 anggota satlinmas se-Kabupaten Jepara itu dilakukan bersamaan apel gelar pasukan dan pengukuhan satlinmas di halaman Setda Jepara.

Sebelumnya, Polres Jepara juga menggelar apel pengecekan dan bimbingan teknis personel pengamanan tps yang bertempat di Gedung Wanita Jepara, Minggu (4/2).

Apel yang digelar secara serentak dan dipimpin langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan ini, merupakan langkah lanjutan kesiapan Polri untuk pengamanan pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Polres Jepara akan mengerahkan 542 personel untuk menjaga tps di seluruh wilayah hukum Polres Jepara, ditambah personel dari TNI sebanyak 466 personel, dan 7.824 dari satlinmas yang akan dikerahkan pada saat distribusi logistik, pelaksanaan pemungutan, dan penghitungan suara.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024