Semarang (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) melakukan panen raya komoditas edamame bersama para petani mitra binaannya di wilayah Jawa Tengah.

Panen raya edadame sebagai salah satu komoditas unggulan pertanian berlangsung di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Kamis (25/1).

Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB Nancy Adistyasari, dalam pernyataan yang diterima di Semarang, Jumat, menyampaikan bahwa Bank BJB berkomitmen mendukung sektor pertanian melalui skema kredit usaha rakyat (KUR).

Dalam penyaluran KUR, Bank BJB menjalin pola kemitraan dengan PT Kelola Agro Makmur di Kabupaten Temanggung, Jateng, yang memiliki petani mitra binaan di Mijen yang menanam edamame.

Ia mengatakan bahwa keberhasilan PT Kelola Agro Makmur melakukan panen raya menjadi salah satu bukti bahwa dengan dukungan pembiayaan yang diberikan Bank BJB melalui skema KUR turut serta dalam membantu produktivitas perusahaan, termasuk para petani.

Menurut dia, penyaluran KUR tersebut merupakan bentuk nyata dukungan Bank BJB terhadap program pemerintah dalam pemulihan ekonomi secara nasional, khususnya pada sektor pertanian.

Penyaluran kredit melalui pola kemitraan juga lebih menguntungkan bagi petani, lanjut dia, karena ada jaminan pasar yang jelas dengan harga yang lebih baik.

Berkat dukungan Bank BJB, kata Nancy, para petani mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan "offtaker" atau pembeli siaga sehingga produknya dapat langsung terserap pasar.

"Bank BJB akan terus mendukung sektor pertanian, di berbagai daerah, termasuk di wilayah Jawa Tengah. Kami harap, dukungan yang diberikan akan dapat mendorong produktivitas sektor pertanian," katanya.

Nancy menegaskan bahwa Bank BJB akan terus mengembangkan pelayanannya agar lebih banyak lagi masyarakat di wilayah Semarang dan sekitarnya yang dapat menjangkau produk dan jasa layanan perbankan.

Ia berharap kerja sama dan dukungan pembiayaan yang sudah berjalan dapat meningkatkan dampak positif bagi para petani dan sebagai sarana dalam memberikan edukasi tentang produk dan jasa keuangan lainnya.

Untuk diketahui, PT Kelola Agro Makmur merupakan salah satu anak perusahaan dari kelola Group yang khusus bergerak di bidang industri sayuran beku dengan produk utama kacang kedelai edamame.

Edamame adalah camilan tradisional dari Jepang kini banyak diminati dan dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, bukan hanya karena rasanya yang nikmat, tapi juga karena ada banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, yakni mengandung banyak nutrisi.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024