Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto menanam 100 bibit pohon di sejumlah stasiun dalam rangka Gerakan Menanam Sejuta Pohon Sedunia yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Januari.

"Kegiatan yang dilaksanakan hari ini kami pusatkan di Stasiun Bumiayu, Kabupaten Brebes," kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Dominicus Agung Wawan Purnawan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu.

Selain di Stasiun Bumiayu, kata dia, kegiatan penanaman bibit pohon tersebut juga dilaksanakan di sejumlah stasiun Daop 5 Purwokerto, seperti Stasiun Purwokerto, Stasiun Sidareja, Stasiun Karangsari, dan Stasiun Kebasen.

Menurut dia, jenis bibit pohon yang ditanam antara lain Anting putri, Tabebuya, Ketapang Kencana, dan pohon buah-buahan.

"Kami berharap gerakan ini dapat menjadi aksi nyata KAI Purwokerto dalam mendukung penyelenggaraan ESG (Environmental, Social, and Governance) dan mendukung kelestarian lingkungan khususnya di wilayah kerja Daop 5 Purwokerto," katanya.

Terkait dengan hal itu, dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan dan para pemangku kepentingan yang telah mendukung serta menjaga kelestarian lingkungan di sekitar wilayah kerja PT KAI Daop 5 Purwokerto.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar jalur rel kereta api agar tidak melakukan aktivitas membuang sampah atau membakar apa pun di sekitar jalur tersebut maupun area kerja PT KAI Daop 5 Purwokerto.

"Hal ini penting dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api dan kelestarian lingkungan. Bagi masyarakat yang menemukan adanya hal ataupun kondisi yang berpotensi mengganggu dan membahayakan perjalanan kereta api dapat menghubungi petugas di stasiun terdekat," kata Agung.

Baca juga: KAI Purwokerto berangkatkan 261.832 penumpang selama Natal-tahun baru

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024