Magelang (ANTARA) - Penerimaan Anugerah Meritokrasi 2023 oleh Pemerintah Kota Magelang memacu manajemen aparatur sipil negara (ASN) lingkup pemkot setempat semakin tertata dan lebih terbuka pada masa mendatang, kata Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur.

"Ke depan bisa memacu dan memicu agar manajemen ASN di Kota Magelang tertata dan lebih terbuka lagi," katanya dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Jumat.

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memberikan Anugerah Meritokrasi 2023 kepada Pemkot Magelang untuk dua kategori, yakni Indeks Sistem Merit mencapai nilai 337,5 (sangat baik) dan Indeks Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dengan nilai 85 (baik).

Ketua KASN Agus Pramusinto memberikan piagam penghargaan tersebut kepada Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur dalam puncak acara Anugerah Meritokrasi Tahun 2023 di salah satu hotel di Yogyakarta, Kamis (7/12) yang antara lain dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan pejabat perwakilan kementerian, lembaga, pemerintah daerah penerima penghargaan dari seluruh Indonesia.

Masyur menyatakan bersyukur atas apresiasi tersebut. Penghargaan serupa diterima pemkot setempat dalam hal ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Magelang pada tahun lalu.

"Ini suatu hal istimewa, lebih-lebih bagi BKPSDM, mendapat penghargaan dengan manajemen ASN sangat baik dan baik," katanya didampingi Sekretaris Daerah Kota Magelang Hamzah Kholifi.

Dia berharap, penerapan sistem merit bagi karir ASN dapat berlangsung secara adil, transparan, dan tanpa unsur kolusi, korupsi, dan nepotisme. 

Penerapan sistem merit, kata dia, membuat ASN Pemkot Magelang mengetahui posisi karir atau jabatan masing-masing.

"ASN ke depan kalau berinovasi, berprestasi, maka karir bisa meningkat sehingga kerja lebih aman, nyaman, tenteram, dan tanpa KKN dalam mengisi promosi/karir jabatan lebih tinggi. Semua tergantung ASN sendiri dalam berkarir," ujarnya.

Pada acara tersebut, KASN memberikan penghargaan kepada 34 instansi pemerintah yang berhasil meraih kategori sistem merit “sangat baik” dan 96 instansi pemerintah yang masuk kategori “baik”.

Selain itu, 13 instansi pemerintah mendapatkan apresiasi setelah berhasil menerapkan manajemen talenta dalam pengisian kursi JPT.

Ketua KASN Agus Pramusinto menjelaskan Anugerah Meritokrasi 2023 wujud keteguhan komisi itu dalam mengawal penerapan sistem merit di tengah masa transisi. Pengesahan UU No. 20 Tahun 2023 tentang ASN mengubah manajemen ASN secara substansial.


 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024