Purwokerto (ANTARA) - Sekitar 12.000 kader Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Banyumas menggelar Deklarasi Pemilu 2024 Damai dan Bermartabat di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan (TRAP) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Deklarasi yang dipimpin Ketua Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Banyumas Hj. Laely Mansyur itu dilaksanakan di sela-sela kegiatan "Doa Bersama dan Muslimat Bersholawat" dalam rangka memperingati Hari Lahir Harlah ke-77 Muslimat NU.

Saat memberi sambutan dan memimpin deklarasi, Laely Mansyur mengajak Muslimat NU Banyumas berperan aktif pada tahun politik dengan tidak bersikap apatis atau golongan putih (golput) pada Pemilu Serentak 2024.

Oleh karena itu, kata Laely, deklarasi pemilu damai itu bertujuan agar kader Muslimat NU Banyumas bersikap antihoaks, antipolitik uang, serta mendukung Pemilu 2024 berlangsung damai dan bermartabat.

"Saya minta Muslimat NU tahun 2024 nanti siap menyukseskan pemilu sebagai pesta demokrasi dan kita bersyukur hari ini kita semua bisa berkumpul dalam rangka harlah. Semoga semua mendapat rida dari Allah Swt," kata Laely.

Dalam kesempatan itu, Ketua PCNU Kabupaten Banyumas H. Imam Hidayat mengingatkan Muslimat NU untuk mendukung penuh beberapa program kerja NU dalam penguatan keluarga maslahat.

Imam meyakini Muslimat NU Banyumas dapat semakin hebat dan terus memperkuat koordinasi dan kolaborasi.

"Kami semua satu komando dengan Ketum Gus Yahya (Ketua Umum PBNU K. H. Yahya Cholil Staquf, red.); termasuk dalam Pemilu 2024 mendatang; yang sabar, jangan buru-buru, kita tunggu instruksi," jelasnya.

Peringatan Harlah ke-77 Muslimat NU tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Semaan Al Quran, Mujahadah Asmaul Husna, peluncuran buku "Sejarah Muslimat NU Banyumas", dan pengumpulan donasi untuk Palestina.

Ketua Panitia Harlah Hj. Khasanatul Mufidah mengatakan donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyumas dan Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Banyumas.

"Alhamdulillah donasi untuk Palestina mencapai Rp202.392.600," kata Khasanatul yang juga ketua Baznas Banyumas.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024