Magelang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana menyatakan harapannya agar Borobudur Maraton bisa menjadi kejuaraan bertaraf internasional.

"Tentunya kita harapkan Borobudur Maraton tidak hanya menjadi event nasional. Ke depan, event terbaik nasional ini sudah menjadi event internasional," kata Nana di Magelang, Sabtu.

Ia pun mencontohkan harapannya agar Borobudur Marathon bisa berkembang seperti Tokyo Maraton dan untuk mewujudkannya dibutuhkan keterlibatan dari berbagai pihak.

"Tergantung dari penyelenggaraan ke depan kita akan semakin profesional, kemudian harapan lain terkait dengan pariwisata adalah harus mengangkat nama Borobudur. Kita harapkan Borobudur akan semakin dikenal, baik oleh wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara," katanya.

Selain mengikuti kejuaraan, peserta juga diharapkan dapat menikmati keindahan alam maupun kekayaan budaya di Kabupaten Magelang dan sekitarnya.

Kejuaraan tahunan tersebut juga diharapkan dapat mencetak atlet-atlet berprestasi maupun mencari bibit-bibit atlet lari yang andal yang bisa menorehkan prestasi di masa yang akan datang.

"Dengan banyaknya event kita bisa mendapatkan atlet-atlet berprestasi, tidak hanya nasional tetapi kita harapkan go international," katanya.

Borobudur Marathon terbagi dalam tiga kategori, yaitu maraton diikuti 1.663 pelari, half maraton dengan 4.646 pelari, dan 10 kilometer dengan 4.159 pelari.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024