Purbalingga (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Purbalingga menyerahkan bantuan sumur bor untuk masyarakat terdampak kekeringan di Dusun 4, Desa Kaliori, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

"Pembangunan sumur bor ini telah dilakukan sejak bulan September dan setelah selesai, kami serahkan pihak desa," kata Kepala Polres Purbalingga Ajun Komisaris Besar Polisi Hendra Irawan di Desa Kaliori Kecamatan Karanganyar Purbalingga, Selasa.

Menurut dia, penyerahan bantuan sumur bor tersebut dilakukan secara serentak di sejumlah wilayah Jateng yang dipimpin Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Luthfi secara virtual dari Kabupaten Pekalongan.

Dia mengatakan lebih lanjut, sumur bor yang dibangun di Desa Kaliori memiliki kedalaman 125 meter dan dilengkapi dengan tandon air berkapasitas 5.100 liter, yang selanjutnya dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat.

Ia mengharapkan bantuan sumur bor tersebut dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk 225 keluarga yang terdampak kekeringan di Desa Kaliori.

"Ke depan ada bantuan dari pemerintah daerah untuk jaringan airnya agar lebih luas menjangkau masyarakat," kata Kapolres.

Sementara itu, Kepala Desa Kaliori Ada Subarkat menyampaikan terima kasih kepada Polres Purbalingga yang telah membangun sumur bor di Dusun 4 khususnya lingkungan RT-16.

Ia mengharapkan bantuan sumur bor tersebut dapat mengatasi masalah kekeringan yang setiap tahun dihadapi oleh warga Desa Kaliori.

"Warga sangat senang dengan adanya sumur bor yang sudah dibangun Polres Purbalingga. Semoga bisa mengatasi kekeringan yang setiap tahun melanda Desa Kaliori," katanya.

Salah seorang warga, Irwandi mengatakan bantuan sumur bor tersebut sangat bermanfaat, karena masyarakat setempat mengandalkan bantuan air bersih dari berbagai pihak setiap musim kemarau.

"Kami bersama masyarakat siap untuk menjaga dan merawatnya, sehingga bisa digunakan dan terus bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Baca juga: Yayasan sosial di Pati bantu warga buatkan sumur bor

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024