Semarang (ANTARA) - Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang melalui UKM-F Psudorechtspraak menggelar National Moot Court Competition (NMCC) Piala Prof Sudarto IX 2023 yang diikuti oleh 17 delegasi dari Fakultas Hukum se-Indonesia. 

National Moot Court Competition (NMCC) Piala Prof Sudarto IX 2023 adalah kompetisi peradilan semu yang kali ini mengangkat tema tindak pidana di bidang perekonomian.

Prof Sudarto merupakan tokoh nasional di bidang hukum pidana, pelopor rumusan KUHP Indonesia yang baru, yang juga tokoh pendiri Universitas Diponegoro yang pada Februari  lalu diperingati seabad usianya.

Dalam pembukaannya, Kris Soepandji yang merupakan cucu Prof Sudarto melalui pernyataan di Semarang, Selasa, menekankan bahwa tindak pidana bidang perekonomian sangat mengganggu urat nadi kehidupan bernegara.

Meskipun, sebenarnya ada hal-hal di luar tindak pidana yang masih menyebabkan kerugian besar bagi bangsa, yaitu intervensi asing di bidang perekonomian. 

Menurut dia, sebagaimana lagu Indonesia Raya yang berbunyi "Bangunlah Jiwanya Bangunlah Badannya", maka perekonomian adalah badannya bangsa Indonesia sedangkan, jiwanya adalah nilai-nilai berbangsa. 

"Inilah yang ditinggalkan oleh Prof Sudarto melalui institusi Undip sebagaimana prinsip dari Serat Sasangka Jati yang beliau pegang seumur hidupnya yaitu bahwa kejujuran membawa kepada keadilan, sedangkan keadilan menuntun kepada kemuliaan abadi," katanya.

Maka, kata Kris yang juga serta pakar Geopolitik Kenegaraan Nusantara Fakultas Hukum Universitas Indonesia tersebut, kemuliaan bangsa dan negara Indonesia hendaknya dibangun berlandaskan nilai keadilan dan kejujuran yang berketuhanan yang Maha Esa.

Sementara itu, Tri Laksmi Indreswari selaku salah satu pimpinan Undip mengingatkan bahwa warisan jasa dan teladan Prof Sudarto bagi dunia hukum pada umumnya dan pendidikan hukum pada khususnya sangat besar. 

Kompetisi yang berlangsung pada 3-6 November 2023 terlaksana atas pimpinan acara Muhammad Haqqi An Nazili yang didukung oleh Ketua UKM-F Pseudorechtspraak, Obed Natanael, dan sebagai pembina adalah dosen Undip Irma Cahyaningtyas. 

Upacara pembukaan NMCC Piala Prof Sudarto IX 2023 dilakukan oleh Walikota Semarang:  Hevearita Gunaryanti Rahayu, pengurus Yayasan Prof Sudarto Kris Wijoyo Soepandji, beserta pimpinan Universitas Diponegoro Tri Laksmi Indreswari, bertempat di Radjawali Semarang Cultural Center, kompleks Akpol Semarang. 

Kegiatan dilanjutkan seminar nasional bertema "Reformulasi Hukum dalam Menyikapi Tindak Pidana Korupsi Jasa Keuangan yang Mempengaruhi Stabilitas Perekonomian Negara".

Sebagai pembicara kunci, Jaksa Agung RI yang disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, I Made Suanarwan. 

Seminar juga menghadirkan dua panelis yaitu Guru Besar Hukum Pidana Undip Prof Pujiyono dan Direktur Penuntutan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Hendro Dewanto.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024