Purwokerto (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan menerjunkan sebanyak 11.157 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk membantu pengamanan Pemilu Serentak 2024.

"Oleh karena itu, kami melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas dan pembinaan anggota Satlinmas dalam rangka persiapan Pemilu 2024," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Banyumas Sugeng Amin di sela kegiatan yang digelar di Gedung Kesenian Soetedja, Purwokerto, Banyumas, Rabu.

Menurut dia, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 500 anggota Satlinmas desa/kelurahan dan akan dilakukan dalam beberapa tahap.

"Hari ini diikuti sebanyak 500 anggota Satlinmas dari wilayah timur dan tengah. Besok untuk Satlinmas wilayah barat," jelasnya.

Saat memberikan motivasi kepada ratusan anggota Satlinmas yang mengikuti kegiatan tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro mengatakan Satlinmas merupakan unsur pendukung kewilayahan yang mampu menunjang ketenteraman dan ketertiban umum bagi masyarakat, terutama menjelang Pemilu Serentak 2024.

"Peran anggota Satlinmas bukan hanya saat ronda malam saja, namun lebih jauh dari itu. Satlinmas merupakan ujung tombak menjaga situasi kondusif sebuah wilayah, termasuk untuk membantu mengamankan Pemilu 2024," tegasnya.

Menurut dia, Satlinmas memiliki peran strategis untuk ketenteraman dan ketertiban umum karena hal tersebut merupakan layanan dasar bagi masyarakat.

Terkait dengan hal itu, dia mengharapkan Satlinmas dapat menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak seperti Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), hingga pimpinan wilayah.

"Saya berharap pemilu serentak yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 serta pilkada serentak pada 27 November 2024 bisa berjalan dengan kondusif dan aman. Karenanya Satlinmas perlu meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan untuk mendeteksi potensi yang mengancam ketenteraman dan ketertiban umum," kata Pj Bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas Budhi Setiawan meminta Satlinmas dapat meningkatkan kewaspadaan serta mampu mendeteksi sejak dini terhadap potensi yang bisa menimbulkan ancaman dan gangguan.

Dengan demikian, kata dia, kamtibmas bisa terjaga di wilayah kerja masing-masing, terutama dalam proses penyelenggaraan pemilu.

"Mengingat tugas yang berat, saya minta anggota Satlinmas dapat menjaga kesehatan, jangan kebanyakan merokok dan minum kopi. Harus lebih banyak istirahat, dan jangan sampai ada yang sakit saat bertugas," katanya.
 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024