Semarang (ANTARA) - Forum Generasi Berencana (GenRe) dari 34 provinsi se-Indonesia mengikuti Ajang Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Nasional Generasi Berencana (Adujaknas Genre) 2023 yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), di Semarang, Minggu (29/10).

Hadir dalam acara yang berlangsung dua hari tersebut Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang, Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sumarno, dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menjelaskan Adujaknas Genre 2023 merupakan ajang kompetisi berbagai kegiatan kreativitas dan inovasi Forum Genre seluruh Indonesia seperti aktif mengampanyekan kegiatan positif sesuai nilai-nilai dan budaya Indonesia seperti kampanye terhadap calon keluarga muda dengan cara dan bahasa anak muda.

"Mereka promosi tidak melakukan kekerasan, menolak narkotika, mencegah pernikahan dini, menolak seks bebas hingga membentuk keluarga berencana yang sehat. Mereka adalah remaja-remaja yang hebat, cerdas, ceria, dan mempunyai filosofi dalam hidupnya," kata Hasto.

Eksistensi Duta GenRe tersebut mendapat apresiasi dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang mengaku bangga dengan mereka, karena melalui inovasi dan kreativitas mereka bisa memberikan kontribusi positif untuk masyarakat luas.

Hal sama juga disampaikan Sekda Jateng Sumarno yang mengapresiasi keberadaan Forum Genre karena melibatkan Forum Anak dan Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sekaligus sebagai salah satu upaya menyambut Generasi Indonesia Emas 2045.

“Mereka (Forum Genre) menjadi mitra stakeholder kami, karena berbagai masalah remaja adalah tanggung jawab kami di pemerintahan. Maka, adik-adik ini menjadi stakeholder yang berkontribusi terhadap penyelesaian masalah stunting dan lainnya,” kata Sumarno.

Menurut dia, anggota Forum Genre ini dapat lebih mudah berkomunikasi dan menjaring pertemanan sesama anak muda, sehingga sosialisasi dan edukasi yang disampaikan lebih mengena, termasuk edukasi tidak melakukan bullying, mencegah stunting, dan risiko pernikahan usia dini.

“Masalah bullying menjadi perhatian kita semua, sehingga adik-adik ini juga menjadi duta-duta anti-bullying yang ada di satuan pendidikan,” katanya.

Sumarno menilai, berbagai kegiatan yang diselenggarakan Forum Genre sangat strategis untuk melatih para remaja berorganisasi, berkolaborasi, bekerja sama, berkomunikasi, dan kegiatan positif lainnya.

Dalam ajang itu, Juara I Kategori Forum Genre Terbaik diraih Forum Genre Sulawesi Selatan, Juara II Forum Genre Jawa Tengah, dan Juara III Forum Genre Sulawesi Utara.

Kategori In Action, Juara I Forum Genre Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh, Juara II Forum Genre Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan, dan Juara III adalah Forum Genre Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat.

Sementara Kategori Provinsi Terbaik, Juara I Sumatera Barat, Juara II Kepulauan Riau, kemudian Juara III Kalimantan Barat. Selain itu, lima besar provinsi kategori Meaningful Youth Participation, yaitu Provinsi Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024