Solo (ANTARA) - Produk elektronik buatan anak negeri PT Kreasi Arduo Indonesia melalui merek Artugo optimistis mampu menyaingi produk impor menyusul kualitasnya yang tak kalah bagus. 

Branch Manager Artugo Cabang Solo Bayu Nur Widiatmoko pada peluncuran Chest Freezer atau produk pembeku Artugo K Series di Solo, Jawa Tengah, Minggu mengatakan produk tersebut sudah ada sejak tiga tahun terakhir. 

"Mengenai persaingan dengan produk impor kami tidak ada masalah, karena selama tiga tahun ini kami sudah hadir dan antusiasme masyarakat Indonesia cukup baik," katanya.

Ia mengatakan produk tersebut memiliki banyak varian yang memungkinkan konsumen untuk menjadikan Artugo sebagai salah satu referensi alat elektronik. 

Terkait dengan produk pembeku tersebut, dikatakannya, hingga saat ini terus mengalami peningkatan permintaan. Salah satu keunggulan produk pembeku tersebut jika dibandingkan dengan merek lain yakni material kabinet dalam yang terbuat dari pre-coated metal (PCM).

"PCM ini sangat kuat karena dari besi. Banyak chest freezer yang menggunakan bahan kabinet sehingga mudah ambrol karena tidak kuat menahan berton-ton berat daging," katanya. 

Selain menyasar ke pasar secara umum, dikatakannya, produk tersebut juga diharapkan mampu mendorong pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka. 

"Ini untuk mendorong (UMKM, Red.) juga, karena kalau dilihat dari fungsi freezer untuk pelaku usaha apalagi pelaku usaha baru yang mau tumbuh. Kemudian untuk rumah tangga, itu cocok sekali," katanya. 

Selain harganya yang cukup kompetitif jika dibandingkan dengan produk serupa dari merek lain, dikatakannya, untuk penggunaan listrik juga lebih irit. 

"Harganya sangat kompetitif, antara Rp2-3 juta. Ada garansi kompresor dari kami lima tahun. Kebutuhan listriknya 200 watt untuk angkatan, tapi bisa turun sampai 75-100 watt, jadi cukup irit," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Sales Manager Candi Elektronik Sarmin mengatakan sejak kehadiran produk Artugo tiga tahun lalu mampu bersaing dengan kompetitor lain yang sudah lama ada di Indonesia.

"Selama tiga tahun ini, alhamdulillah penjualannya bagus karena variasi yang dikeluarkan Artugo mampu menjawab kebutuhan masyarakat," katanya. 

Ia mengatakan beberapa produk yang dikeluarkan di antaranya kompor, freezer, dispenser, water heater, oven, dan ada lagi yang saat ini banyak diminati yakni kompor listrik.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024