Cilacap (ANTARA) - Keberadaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap memiliki peran penting menopang 34 persen kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) nasional dan 60 persen BBM di Pulau Jawa. 

"Dengan besarnya tanggung jawab itu, kebugaran dan kondisi prima para pekerja menjadi prioritas," kata General Manager PT KPI RU IV Cilacap Edy Januari Utama di Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (28/9).

Ia mengatakan hal itu saat memimpin program Trial Triathlon di kolam renang Sasana Tirta, kompleks Head Office PT KPI RU IV Cilacap.

"Kita tahu PT KPI sebagai bagian dari BUMN memiliki pengaruh yang penting dan luas dalam penyediaan energi nasional," ujarnya.

Menurut dia, Trial Triathlon menjadi salah satu cara sekaligus tantangan bagi pekerja untuk menjaga stamina dan fisik tetap bugar mengelola tanggung jawab besar Kilang Cilacap. 

"Harapannya, Kilang Cilacap menjadi zona sehat karena berbanding lurus dengan produktivitas kinerja. Bahwa software yang sehat harus bersemayam dalam hardware yang sehat pula agar semakin banyak memberikan manfaat untuk masyarakat dan bangsa," ungkapnya.

Ia mengatakan Trial Triathlon menjadi satu dari beberapa program internal perusahaan dalam rangka menjaga kebugaran di antaranya program Bike to Work setiap rutin sejak beberapa tahun terakhir. 

Baca juga: Kilang Cilacap raih penghargaaan Dharma Karya Madya dari Kementerian ESDM RI

"Belakangan ditambah dengan Run to Work untuk mengakomodasi teman-teman pehobi lari melengkapi program Bike to Work ini," jelasnya.

Selain itu, kata dia, program-program olahraga insidental juga sering dilakukan baik di lingkungan perusahaan maupun di luar. 

"Kami sangat concern dengan program-program kebugaran demi menjaga keberlangsungan kilang," tegas Edy.

Sebagai uji coba, olahraga yang memadukan tiga aktivitas fisik itu diikuti 15 orang dari unsur manajemen yang diawali dengan berenang sejauh 300 meter.

Kemudian dilanjutkan bersepeda 30 kilometer menyusuri rute perkotaan mulai dari Jalan MT Haryono menuju Jalan MT Haryono Relokasi, Jalan Juanda, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Lingkar Selatan, Jalan Laut, Jalan Wahidin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan S Parman, Jalan Gatot Subroto, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Juanda, dan berakhir di kompleks Perumahan Pertamina Gunung Simping.

Di kompleks Perumahan Pertamina Gunung Simping, rombongan mengakhiri uji Triathlon dengan berlari mengelilingi kompleks perumahan sejauh 5 kilometer.

Baca juga: Produk unggulan Green Refinery Cilacap siap tembus pasar internasional
Baca juga: BNPT sosialisasi pencegahan terorisme dan radikalisme di Kilang Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024