Temanggung (ANTARA) - Sebanyak lima desa di Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, mendapat bantuan sistem penyediaan air minum perdesaan (SPAM desa) dari dana APBN 2023.

Penjabat Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo di Temanggung, Jumat, menyampaikan bantuan tersebut merupakan dana aspirasi dari Komisi V DPR RI.

Kelima desa yang mendapat bantuan SPAM desa tersebut, yakni Katekan, Giripurno, Tegalrejo, Mangunsari, dan Gundang Winangun.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Komisi V DPR RI yang telah memberikan bantuan SPAM untuk satu desa masing-masing 160 sambungan rumah," katanya.

Ia menuturkan, bantuan ini luar biasa bagi masyarakat desa yang membutuhkan air, apalagi dalam kondisi musim kemarau ini memang diperlukan sekali.

"Jadi desa-desa yang kekurangan air itu bisa dilakukan dengan cara memberikan jaringan perpipaan sampai ke rumah masing-masing," katanya.

Ia menyebutkan jaringan air tersebut akan mengambil dari sumber mata air Jumprit.

"Jaringan air tersebut sekarang baru terbangun sekitar 43 persen. Kalau semua perpipaan sudah masuk ke sambungan rumah maka dilakukan konektivitas," katanya.

Anggota Komisi V DPR RI Sudjadi menyampaikan, setiap desa penerima bantuan SPAM tersebut mendapat bantuan dari APBN sekitar Rp400 juta.

"Mudah-mudahan bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang memerlukan air bersih," katanya. ***3***

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024