Semarang (ANTARA) - Sebanyak 1.000-an pelari mengikuti Bank Jateng Friendship Run (BJFR)dengan mengambil start di halaman Gedung DPRD Sumatera Selatan, Palembang,  Minggu pagi 1 Oktober 2023.

Event yang dimulai pukul 06.20 WIB dengan melibatkan warga dan komunitas dari Kota Pempek ini, adalah  kegiatan lari bersama menyongsong  lomba lari Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang bakal digelar pada 19 November di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

BJFR Palembang dibuka langsung oleh Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumsel Hengky Putrawan, Kasi Olahraga Prestasi, Industri dan Promosi Olahraga Dispora Sumsel Lidya Catrine Kalalo, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Jateng Aris Setiawan, serta Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An.

Kota Palembang, menjadi menjadi kota  terakhir yang disambangi rangkaian BJFR. Sebelumnya menyapa warga di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, dan Medan.

Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumsel Hengky Putrawan, mengaku gembira Palembang menjadi kota persinggahan sebagai kampanye Borobudur Marathon melalui friendship run.

Dia mengajak peserta BJFR untuk tetap semangat meskipun Palembang tengah diganggu asap.
''Walaupun kondisi asap, kita tetap semangat, karena olahraga untuk kesehatan dan semangat hidup kita,'' katanya.

  Peserta bersemangat mengikuti Bank Jateng Friendship Run di Palembang. Dok. Bank Jateng/BorMar 2023

Membantu perekonomian warga

Dia berharap Bank Jateng dapat bekerja sama dengan baik dengan provinsi Sumsel dan dapat membantu perekonomian di provinsi ini.

''Kegiatan ini sangat baik untuk memacu masyarakat dalam olahraga. Meskipun ini hanya fun run-nya saja, karena event nya di November mendatang, masyarakat Palembang tetap antusias. Warga Palembang yang berkesempatan tampil di Borobudur Marathon, semoga bisa juara,'' katanya.

Kasi Olahraga Prestasi, Industri dan Promosi Olahraga Dispora Sumsel Lidya Catrine Kalalo, menyatakan terima kasih atas gelaran BJFR di Palembang. Dia berharap, suatu saat ada kegiatan lari di kota ini.

 Aris Setiawan dari Bank Jateng mengatakan, Kota Palembang menjadi kota terakhir diadakannya friendship run dengan puncaknya perhelatan lari Borobudur Marathon tanggal 19 November 2023.

Kegiatan di BJFR di Palembang, kata dia, pesertanya memiliki antusiasme tinggi meskipun ada terkendala asap.

Berbeda dengan kegiatan di sembilan kota lainnya, dalam rangka menutup rangkaian BJFR di Palembang diadakan gelaran parade jersey yang dikenakan peserta friendship run di 10 kota yang menjadi tempat penyelenggaraan.

Jersey 10 kota Friendship Run ini sendiri didesain khusus oleh seniman asal Magelang, Utami Atasia Ishii, yang mendesain 10 jersey dengan konsep kesatuan, dimana pada akhirnya semua akan bertemu di titik terakhir yaitu Borobudur Marathon 2023, yang akan menjadi saksi penyuaraan kesatuan dari meleburnya  berbagai ragam budaya.***

Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024