Semarang (ANTARA) - Para perajin kriya unggulan dari beberapa daerah di Jawa Tengah mengaku bangga digandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jateng untuk mengikuti Pameran Kerajinan Nasional Kriyanusa yang digelar di Balai Sidang Jakarta pada 13-17 September 2023.

“Amazing, seneng banget, luar biasa. Feel-nya mudah-mudahan sukses, laris manis, produk-produk kita dan teman-teman sukses, laris manis,” kata Arini Khoiriah (49) selaku pemilik usaha Natureline yang menjadi peserta Kriyanusa 2023 saat dihubungi dari Semarang, Kamis.

Pada acara yang mengusung tema “Kriya Unggul, Indonesia Maju”, ia membawa produk aromaterapi, mulai dari lilin, minyak diffuser, parfum, serta produk terbarunya linen spray.

Bahkan, untuk menarik perhatian pengunjung, Arini sengaja menyalakan aromaterapi yang membuat gerai Dekranasda Jateng wangi.

Arini menyebut dukungan yang diberikan Pemprov Jateng dalam pengembangan UMKM kriya luar biasa, termasuk promosi melalui media sosial Lapak Ganjar.

“Produk saya makin dikenal, saya bahkan dapat reseller dari luar provinsi. Promosi online itu memang benar-benar bisa dirasakan manfaatnya,” ujar perempuan asal Ampel, Kabupaten Boyolali itu.

Hal senada juga disampaikan Septy Kandhimas, pemilik Etnik-K Indonesia yang baru menjalani usaha daur ulang limbah karung goni selama 2,5 tahun.

Dirinya bersyukur bisa lolos kurasi dan mengisi gerai Dekranasda Jateng pada ajang Kriyanusa 2023.

Usaha yang dilakukannya dengan mendaur ulang goni menjadi produk fesyen, mulai dari tas, baju, hingga sepatu, itu dijalani dengan story telling yang kuat terhadap lingkungan serta memanfaatkan limbah karung goni untuk mendorong Indonesia go green, bahkan meningkatkan nilai jual limbah itu.

Agar produknya yang tergolong unik ini bisa semakin berkelas, Septy memadupadankan karung goni dengan kulit asli, batik ecoprint, dan bahan premium lainnya, yang diolah buatan tangan.

Ia berharap keikutsertaan dalam Kriyanusa 2023 semakin memperluas pemasaran produknya dan mendapat reseller dari provinsi lain, bahkan mancanegara.

Sementara itu, Peni Dinar gembira ketika Ibu Negara Iriana Joko Widodo membeli produk buatannya berupa boneka Shibiru di gerai Dekranasda Provinsi Jateng saat pembukaan Kriyanusa 2023.

“Bahagia sekali, deg-degan karena Bu Iriana memborong produk amirugumi, boneka benang rajut yang diwarnai dengan (pasta) indigo,” kata perempuan asal Ngadirejo, Kabupaten Temanggung ini.

Dekranasda Jateng kembali berpartisipasi dengan mengirim sembilan perajin dengan produk unggulan masing-masing ke Pameran Kerajinan Nasional Kriyanusa 2023.

Produk-produk kerajinan yang akan ditampilkan mewakili Provinsi Jateng pada Kriyanusa 2023 telah melalui seleksi ketat serta dikurasi ketat oleh desainer Musa Widyatmodjo.

Baca juga: Pemkot Magelang - PT PNM beri bantuan permodalan UMKM

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024