Solo (ANTARA) - Pasangan Ukun Rukaendi/Reksi Sudarno membuat kejutan dengan lolos ke semifinal ganda putra SL3-SL4 usai mengalahkan pasangan India Mohammad Arwaz Ansari/Subhrajeet Maharan di perempat final Para Badminton International 2023.

Ganda putra tuan rumah tersebut melaju ke semifinal setelah menang dua gim langsung 21-12, 21-10 dalam pertandingan yang berlangsung di GOR Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Jumat. 

Langkah Ukun/Reksi hingga mencapai babak empat besar cukup mengejutkan karena keduanya tidak pernah latihan bersama. Reksi dan Ukun pun baru memutuskan tampil di nomor ganda hanya satu hari sebelum pertandingan setelah keduanya bertemu di salah satu pusat perbelanjaan di Grogol, Sukoharjo yang menjadi lokasi latihan tim bulu tangkis NPC Indonesia. 

"Saya awalnya memang tidak turun di turnamen ini. Namun, Reksi ternyata belum punya pasangan di ganda putra, akhirnya saya main bareng dia," kata Ukun.

Pada babak semifinal yang akan berlangsung Sabtu (9/9), keduanya bakal menghadapi pasangan andalan Indonesia lainnya Hikmat Ramdani/Maman Nurjaman.

"Kami di babak semifinal akan menghadapi lawan yang berat karena Hikmat dan Maman sudah lama berpasangan dan pasti lebih solid. Ini menjadi pekerjaan rumah untuk kami," katanya.

Sementara dalam laga perempat final tersebut pasangan Ukun/Reksi sempat mendapatkan perlawanan sengit di gim pertama, bahkan pasangan India sempat unggul 9-8.

Namun, perlahan wakil Indonesia itu mulai menemukan ritme permainan dan mendapat tambahan delapan poin secara beruntun merebut gim pembuka dan gim kedua mutlak menjadi milik ganda putra tuan rumah. Sebelum mengunci kemenangan, Ukun/Reksi bahkan sempat unggul 15-9.

Di nomor lain, ganda campuran Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila menang atas pasangan Sanjeewa Srirlang/Matarr Altaf (Syria) dengan skor 21-7, 21-11.

Hifizh Briliansyah/Saykuroh Qonita menang atas Rahul Vimal/Charanjeet (India) dengan skor 21-12, 21-7, serta tunggal putra Indonesia Fredy Setiawan menang atas Chee Hiong Ang 21-17, 21-16.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024