Magelang (ANTARA) - Para pedagang kuliner di Tuin Van Java (TVJ) Kota Magelang memanfaatkan libur berjualan untuk bergotong royong membersihkan selter tersebut dengan didukung petugas Pemadam Kebakaran Kota Magelang.

Ketua Paguyuban Shelter TVJ Kota Magelang Sugiarto dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Rabu, mengatakan para pedagang sepakat untuk memanfaatkan dua hari libur, 5-6 September 2023, untuk bersih-bersih selter guna menjaga kebersihan tempat tersebut sehingga pembeli tetap nyaman.

"Waktu pertemuan di IKM Centre awalnya dari Pak Wali (Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, red.) mewacanakan, bagaimana kalau TVJ libur pada tanggal tersebut. Iya tidak apa-apa (libur, red.) asalkan tidak hari Sabtu-Minggu, jadi ini kesempatan untuk bersih-bersih karena sudah lama nggak dibersihkan," katanya. 

Selter TVJ berada di kawasan Alun-Alun Kota Magelang, sedangkan pertemuan mereka dengan wali kota pada 25 Agustus 2023 di IKM Centre.

Dalam kegiatan bersih-bersih selter itu, mereka antara lain menyapu langit-langit selter, menyikat lantai, dan menyemprot air untuk membersihkan tempat itu dari kotoran.

Para pedagang di TVJ rutin membersihkan selter setidaknya 2-3 kali dalam setahun. Mereka membutuhkan waktu yang cukup lama, karena mulai dari rangka besi langit-langit, lantai, hingga fasilitas lainnya harus dibersihkan dengan saksama. Pihaknya juga berencana mengecat ulang selter tersebut.

"(Membersihkan, red.) itu memang harus libur agar maksimal. Jadi dua hari ini kami manfaatkan, kami mau cat ulang juga biar terlihat indah," katanya.

Kegiatan ini juga untuk memupuk semangat guyub dan rukun sesama pedagang selter TVJ dan sekitarnya. 

Ia menyebutkan total sekitar 135 pedagang di TVJ Kota Magelang, meliputi pedagang sif pagi, malam, dan angkringan di selatan alun-alun setempat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang Syaifullah mengatakan gagasan membersihkan selter datang dari pedagang, agar TVJ dan sekitarnya tetap cantik, sehat, dan higienis.

"Libur jualan itu sudah biasa, untuk bersih-bersih, atau kalau mereka ada kegiatan misalnya piknik. Cuma memang momennya bersamaan dengan kegiatan Pasar Raya Magelang (PRM) di kompleks Gelora Sanden, 1-10 September 2023," katanya.

Ia menyatakan baik pedagang TVJ maupun pelaku UMKM yang berjualan di PRM, binaan Disperindag setempat. 

Pihaknya mendukung upaya-upaya agar mereka eksis dan terus berkembang dalam usaha ekonominya.

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024