Solo (ANTARA) - Praktisi kesehatan dari Lahir Kembali Studio Bidan Niken Syafitri menyebut pentingnya pijat untuk mengurangi kolik pada bayi.

"Banyak penyebab bayi yang baru lahir atau di bawah 12 bulan sering kali rewel di malam hari atau yang biasa dikenal dengan istilah kolik," katanya melalui keterangan tertulisnya yang diterima oleh ANTARA di Solo, Jawa Tengah, Jumat. 

Ia mengatakan beberapa hal yang menyebabkan kolik di antaranya perubahan suhu, perubahan lingkungan, adaptasi terhadap orang tua, kurangnya bounding dengan ayah dan ibunya, atau bisa juga disebabkan karena adanya penyakit.

"Misalnya saja masalah pada perutnya. Kolik 0-3 bulan rentan sekali dengan kolik, risiko berulang jika pemakaian dot, empeng, pemberian air susu ibu perah (ASIP), atau formula bukan direct breastfeeding (DBF) karena gas di perutnya berlebihan," katanya. 

Ia mengatakan beberapa ciri kolik yang perlu diperhatikan ketika malam hari, di antaranya bayi menangis tanpa sebab dan lama menangis sekitar satu jam bahkan lebih. 

Terkait hal itu, menurut dia yang harus dilakukan oleh orang tua adalah menenangkan bayi dengan membuatnya menjadi lebih rileks. Selain itu, untuk mengurangi kolik berulang sebaiknya dilakukan pijat kolik secara berkala. 

"Waktu tepat untuk memijat bayi adalah saat mata bayi terbuka dan dalam keadaan sadar serta tidak dalam kondisi menangis. Dengan memijat bayi dapat meningkatkan bounding antara anak dan orang tua, di mana bayi akan merasa nyaman di dekat orang tua," katanya. 

Meski demikian, dikatakannya, yang perlu diperhatikan adalah ketika memijat bayi sebaiknya saat bayi tidak dalam kondisi kolik atau rewel. 

"Selain membuat bayi lebih nyaman, pijat bayi ini juga mampu membangun komunikasi bayi dan orang tuanya," katanya. 

Ia juga merekomendasikan agar orang tua menggunakan produk Doodle exclusive telon.

"Di mana aroma green tea-nya punya fungsi tertentu untuk membuat bayi menjadi rileks. Green tea merupakan teh yang memiliki kafein rendah sehingga aromanya mampu membuat kualitas tidur bayi menjadi lebih nyaman dan tidur semakin nyenyak," katanya.

Hal tersebut juga disampaikannya pada live Instagram Doodle Exclusive Baby Care yang dilakukan melalui daring beberapa waktu lalu.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024