Semarang (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Belitung Timur terinspirasi Dekranasda Provinsi Jawa Tengah yang ikut mendampingi dan membina para pelaku UMKM agar dapat menggelar pameran produk-produk unggulan hingga ke luar daerah.
“Kami ingin meniru kesuksesan Desakranasda Jateng, di bawah kepemimpinan Ibu Siti Atikoh Ganjar Pranowo,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Belitung Timur Purwenda Puspitasari di Semarang, Selasa.
Menurut dia, salah satu keberhasilan Ketua Dekranasda Jateng Siti Atikoh adalah mengajak UMKM Jateng pameran ke luar daerah sehingga meningkatkan penjualan produk dan memperluas pasar.
“Kami terinspirasi dengan kegiatan dan program Dekranasda Jateng, diantaranya dengan menggelar pameran UMKM ke luar daerah. Kemudian membuka galeri, galerinya tidak begitu resmi, biar yang pakai sandal jepit juga bisa masuk, ya itu terinspirasi dari Ibu Atikoh,” ujarnya.
Melalui pertemuan berupa jamuan makan siang itu diharapkan pertukaran pengalaman yang ada bisa diterapkan Dekranasda Kabupaten Belitung Timur.
“Mudah-mudahan nanti perajin kami di Belitung Timur bisa meniru yang dilakukan di Jawa Tengah,” ujarnya.
Ketua Dekranasda Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo mengungkapkan pertemuan ini menjadi luar biasa karena banyak yang bisa dipelajari dari masing-masing daerah. Kabupaten Belitung Timur, lanjut Atikoh, merupakan daerah dengan kesiapan wisata yang bagus.
“Harapannya ini juga bisa menjalin kerja sama terkait pemasaran. Kita juga bisa banyak belajar karena Belitung Timur salah satu kabupaten yang sangat siap untuk menerima wisatawan, jadi Insyaallah ini berbagi pengetahuan yang luar biasa, saling menguatkan dan mendukung satu sama lain,” katanya.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024