Purwokerto (ANTARA) - Kegiatan membagikan tempat sampah yang diselenggarakan salah satu perusahaan pembiayaan mewarnai peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sebagai upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Sebanyak 10 unit tempat sampah yang dibagikan dalam kegiatan yang diselenggarakan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk atau WOM Finance Kantor Cabang Purwokerto di lingkungan RT 02 RW 04, Jalan Jenderal Soedirman Timur, Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Saat menyerahkan tempat sampah yang dilakukan secara simbolis kepada perwakilan pengurus RT setempat, Branch Head WOM Finance Kantor Cabang Purwokerto Nur Sigit Ajianto mengatakan selain dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, pembagian tempat sampah juga menjadi bagian dari kegiatan pertanggungjawaban sosial perusahaan (corporate social responsibility) dengan mengusung tema "Terus Melaju, Ciptakan Lingkungan Bersih dan Berkelanjutan".

Menurut dia, bantuan tersebut juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung program Go Green yang dicanangkan WOM Finance dalam meningkatkan lingkungan yang bersih, sehat, dan bebas dari sampah.

"Melihat banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan di lingkungan sekitar, WOM Finance sebagai perusahaan yang mendukung program Go Green memberikan tempat sampah terpisah agar lebih mudah mengedukasi masyarakat cara memilah sampah organik, nonorganik, dan sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)," jelasnya.

Selain itu, kata dia, WOM Finance juga ingin bersama-sama mewujudkan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.

Lebih lanjut, dia mengatakan, setiap unit tempat sampah yang dibagikan terdiri atas tiga jenis bak, yakni bak berwarna hijau untuk menampung sampah organik, bak warna kuning untuk sampah nonorganik, dan bak warna merah untuk sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun)

"Sampah nonorganik terdiri atas sampah plastik, botol plastik, karet, dan sejenisnya. Kemudian untuk sampah organik mencakup dedaunan, sisa sayur dan buah, sisa daging, nasi dan sejenisnya," ungkapnya.

Menurut dia, sampah B3 terdiri atas pembalut sekali pakai, popok sekali pakai, barang elektronik seperti kabel bekas dan telepon genggam, serta benda tajam seperti silet, alat pencukur, dan sebagainya.

Selain pemberian tempat sampah, kata dia, WOM Finance Kantor Cabang Purwokerto juga mengadakan beragam perlombaan tradisional yang melibatkan anak-anak dan masyarakat di sekitar kantor cabang untuk memeriahkan semarak HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

"Kegiatan ini serentak dilakukan oleh WOM Finance di 10 kota, yaitu Bogor, Bandung, Purwokerto, Ngawi, Tebo, Lubuk Pakam, Tenggarong, Palu, Ciputat, dan Semarang," kata Sigit.
 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024