Temanggung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, menyalurkan bantuan air bersih ke beberapa sekolah di daerah yang ketersediaan airnya menurun pada musim kemarau.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi di Temanggung, Jumat, sekolah yang sudah mengajukan permintaan bantuan air bersih yakni Madrasah Ibtidaiah dan Madrasah Tsanawiah di Botoputih, Kecamatan Tembarak, Sekolah Dasar Negeri 2 Jetis di Kecamatan Selopampang, serta Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Bulu.

Ia mengatakan, sekolah-sekolah tersebut pada musim kemarau tidak kebagian pasokan air karena sumber air diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Sementara ini sumber air yang ada masih bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga mereka belum mengajukan permintaan bantuan air bersih," katanya.

BPBD Kabupaten Temanggung siap mendistribusikan air bersih sewaktu-waktu masyarakat membutuhkan.

Toifur Hadi mengatakan bahwa sampai saat ini BPBD baru menyalurkan bantuan air bersih ke Dusun Dampit, Desa Losari, Kecamatan Tlogomulyo.

"Kemarin ada satu lagi pengajuan permintaan bantuan air bersih dari Desa Gentan, dan kami mau lakukan verifikasi dulu untuk memastikan masyarakat setempat benar-benar memerlukan bantuan," katanya.

Baca juga: Empat kecamatan di Boyolali terdampak bencana kekeringan

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024