Semarang (ANTARA) - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyerahkan hewan kurban, terdiri atas tujuh sapi dan 18 kambing, kepada panitia kurban di sejumlah masjid di wilayah tersebut.

Mewakili Pemerintah Kota Semarang, Ita, sapaan akrab Hevearita, menyerahkan hewan kurban itu usai Shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Balai Kota Semarang, Kamis.

"Hari ini, saya bersama Pak Sekda, Ibu Bapak Asisten, temen-temen kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) gotong royong membeli dan menyerahkan hewan kurban sebanyak tujuh sapi dan 18 kambing," katanya.

Hewan-hewan kurban itu diserahkan ke beberapa masjid, yakni Masjid Agung Semarang, Masjid Raya Baiturrahman, dan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), serta sejumlah mushalla di 16 kecamatan di ibu kota Provinsi Jawa Tengah itu.

Pemkot Semarang juga menggelar penyembelihan hewan kurban dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) di Balai Kota Semarang, Jumat (30/6).

Rencananya, kata dia, penyembelihan hewan kurban dari para ASN akan dilakukan pada Jumat (30/6), namun penyerahan ke masjid-masjid pada Kamis ini usai Shalat Id di Balai Kota Semarang.

"Jadi, biar (30/6) paginya bisa segera disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, baik dari tempat ibadah, organisasi keagamaan, panti asuhan, dan masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Wali kota perempuan pertama di "Kota Atlas" --sebutan untuk Kota Semarang-- itu berharap, daging-daging kurban tersebut nantinya lebih cepat terdistribusi dan segera bisa dimanfaatkan masyarakat yang membutuhkan.

"Kami mewakili Pemkot Semarang mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Yang mana ini mungkin pertama kalinya (perayaan, red.) lebih ramai karena sudah jadi endemi (COVID-19, red.)," katanya.

Dengan demikian, kata dia, masyarakat bisa lebih leluasa dalam merayakan Idul Adha dan meneladani ajaran yang diwariskan Nabi Ibrahmin AS dan Nabi Ismail AS melalui kurban.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024