Jepara (ANTARA) - Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah, menggelar kejuaraan karate "Kapolres Jepara Cup VI 2023" tingkat pelajar se-Kabupaten Jepara untuk menjaring bibit atlet berkualitas.

"Kejuaraan ini tidak hanya menjadi ajang pengembangan prestasi tetapi juga untuk menjaring bibit baru atlet karate," kata Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dalam pembukaan kejuaraan karate "Kapolres Jepara Cup VI 2023" di Gedung Wanita Jepara, Selasa.

Ia berharap kejuaraan karate tersebut bisa menciptakan pola pembinaan yang berkesinambungan sekaligus meningkatkan semangat masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Jepara untuk terus mengharumkan nama bangsa di pentas olahraga internasional.

"Dan jangan lupa untuk menjunjung tinggi sportivitas," ujarnya.

Sebanyak 136 pelajar mengikuti kejuaraan karate yang memperebutkan piala tetap Kapolres Jepara dan trofi bergilir itu.

Kejuaraan karate yang berlangsung selama sehari tersebut dibuka dengan penampilan karateka putra dan putri yang lihai memainkan kata beregu di hadapan tamu undangan.

Aksi karateka itu pun disambut dengan riuh tepuk tangan tamu undangan yang hadir dalam upacara pembukaan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Karate Kapolres Jepara Cup VI 2023 Kompol Karman menambahkan kejuaraan ini sebagai wujud konsistensi pembinaan generasi muda bangsa untuk mencari bibit-bibit atlet karate di Jepara.

"Kejuaraan ini merupakan sarana pengembangan prestasi dan tolok ukur untuk pengembangan teknik-teknik karate di Kabupaten Jepara," ujarnya.

Selain itu, kejuaraan tersebut juga bertujuan sebagai ajang pembuktian hasil latihan para atlet guna menghadapi kejuaraan di tingkat regional, nasional maupun internasional.

"Karate adalah olahraga yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budi pekerti, sopan santun, sportivitas, dan saling menghormati satu sama lain," lanjut Karman.

Sementara itu, kategori yang diperlombakan dalam kejuaraan tersebut adalah kategori usia dini putra dan putri, kategori pra pemula putra dan putri, kategori pemula putra dan putri, kategori kadet putra dan putri, dan kategori junior putra dan putri.

Baca juga: Ratusan karateka dari Karate-Do Gojukai berkumpul di Batang

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024