Semarang (ANTARA) - Sebanyak 451 petenis berkompetisi pada Kejuaraan Nasional Tenis Piala Tugu Muda Semarang 2023 yang berlangsung di sejumlah arena tenis yang tersebar di Semarang, pada 12-17 Juni.

Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin yang berkesempatan membuka kejurnas itu, berharap muncul petenis-petenis berbakat pada ajang yang melombakan berbagai nomor tersebut.

"Mudah-mudahan ini menjadi sinyal yang baik bagi Kota Semarang agar kemudian bisa memunculkan atlet-atlet (petenis) yang baru di Indonesia," kata Iswar di sela pembukaan kejurnas, Senin.

Menurut dia, Pemerintah Kota Semarang berterima kasih kepada Pengurus Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti) Kota Semarang atas pagelaran kejurnas itu, dan juga berkeinginan menggelar ajang dengan skala lebih besar.

"Makanya, kami maturnuwun (berterima kasih). Apalagi, keinginan Pelti Semarang untuk mengadakan kejuaraan internasional, senior, junior. Kami berharap antara atlet dan pengurus dapat berkolaborasi membangun Kota Semarang," katanya.

Sebab, kata dia, penyelenggaraan olahraga bukan sekadar menyasar pada aspek kesehatan dan prestasi, tetapi secara lebih jauh kepada kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan untuk menumbuhkan perekonomian.

Sementara itu, Ketua Pelti Kota Semarang Gunawan Saptogiri menjelaskan bahwa saat ini tenis lapangan memang tengah "booming" yang dibuktikan dengan banyak orang tua yang ingin anaknya berlatih tenis lapangan.

Karena itu, ia meminta agar klub-klub tenis meningkatkan kompetensi pelatih untuk menghasilkan petenis yang kian berkualitas seiring dengan meningkatnya minat menekuni cabang olahraga tersebut.

Kejurnas Tenis Piala Tugu Muda Semarang sebenarnya diselenggarakan rutin tiap tahun oleh Pelti Kota Semarang, namun kejurnas tersebut sempat ditiadakan karena pandemi COVID-19.

"Kalau melihat kualitas (kejuaraan) pasti lebih bagus dari sebelumnya. Begitu dua tahun COVID-19 tidak ada turnamen, saat ini luar biasa. Ke depan, kami berharap tenis Indonesia lebih maju," pungkasnya.

Ada berbagai nomor yang dipertandingkan pada kejurnas yang diselenggarakan Pelti bekerja sama dengan Amare Media Group, yaitu mulai U10, U12, U14, U16, dan U18. Selain nomor tunggal putra, putri, dan ganda.

Empat lapangan digunakan dalam Kejurnas Tenis Piala Tugu Muda Semarang 2023, yakni Lapangan Tenis GOR Tri Lomba Juang Semarang, Lapangan Tenis JJT Bukitsari, Lapangan Tenis BNI Kelud, Gajahmungkur, dan Lapangan Tenis Tambora, Candisari.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024