Purwokerto (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menunggu Peraturan Presiden (Pepres) Republik Indonesia untuk pelunasan biaya haji tahap keempat yang berkaitan dengan tambahan kuota calon haji sebanyak 8.000 orang se-Indonesia.

"Dengan adanya tambahan kuota 8.000 orang se-Indonesia itu, Jawa Tengah mendapat 1.159 orang, dan untuk Banyumas diperkirakan ada sekitar 39 calon haji yang akan melaksanakan pelunasan," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Purwanto Hendro Puspito usai acara "Pamitan dan Pelepasan Jamaah Calon Haji Banyumas" di Pendopo Sipanji, Purwokerto, Banyumas, Sabtu.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya hingga saat sekarang masih menunggu petunjuk teknis dari Menteri Agama maupun Perpres terkait dengan biaya penyelenggaraan ibadah hajinya.

Menurut dia, 39 orang calon haji asal Banyumas yang berhak melakukan pelunasan dan berpotensi berangkat itu adalah mereka yang gagal sistem pada tahap pertama hingga ketiga, porsi cadangan yang naik, dan urutan berikutnya yang berhak lunas.

Terkait dengan keberangkatan 1.204 orang jamaah calon haji asal Banyumas, dia mengatakan sebanyak 23 orang akan bergabung dengan kelompok terbang (kloter) 72 SOC bersama jamaah calon haji asal Kabupaten Purbalingga.

"Kloter 72 SOC direncanakan diberangkatkan dari GOR (Gelanggang Olahraga) Satria Purwokerto menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali pada Rabu (14/6), pukul 19.00 WIB," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, Kloter 73 SOC yang seluruhnya dari Banyumas sebanyak 355 calon haji, termasuk petugas akan diberangkatkan dari GOR Satria Purwokerto pada Rabu (14/6), pukul 21.30 WIB.

Disusul Kloter 74 SOC yang seluruhnya dari Kabupaten Banyumas sebanyak 355 orang, akan diberangkatkan dari GOR Satria Purwokerto pada Kamis (15/6), pukul 00.00 WIB.

Kloter 75 SOC yang seluruhnya dari Kabupaten Banyumas sebanyak 355 calon haji dan petugas haji daerah (PHD) akan diberangkatkan pada Kamis (15/6), pukul 08.00 WIB.

"Kemudian Kloter 76 SOC, gabungan Banyumas dan Banjarnegara. Dari Banyumas sejumlah 81 jamaah akan diberangkatkan dari Kecamatan Sumpiuh pada Kamis (15/6) pukul 20.00 WIB, karena kebetulan semuanya warga Sumpiuh," kata Hendro.

Selain itu, kata dia, sebanyak 35 calon haji asal Banyumas akan bergabung dengan kloter "sapu jagad" yang diperkirakan dengan nomor 95 SOC.

"Ini adalah kloter cadangan yang sudah melunasi tahap ketiga. Mudah-mudahan tidak ada perubahan, akan diberangkatkan pada Rabu (21/6), pukul 04.00 WIB," ucapnya.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024