Boyolali (ANTARA) - Koper jamaah calon haji yang tergabung kelompok terbang (Kloter) pertama Embarkasi Solo, telah tiba di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Senin siang.

Ratusan koper jamaah calon haji kloter pertama asal Kabupaten Grobogan Jateng dibawa kendaraan kontainer tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, sekitar pukul 11.00 WIB, kemudian diterima oleh Satgas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo dan disusun di gudang dekat gedung Jedah.

"Koper milik calon haji kloter pertama asal Kabupaten Grobogan sudah tiba di Asrama Haji Donohudan, sebanyak 360 buah, sekitar pukul 11.00 WIB," kata Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rama Indriyadi.

Gentur mengatakan untuk jadwal kedatangan koper calon haji dari daerah di asrama haji ini, kloter pertama asal Grobogan, kemudian disusul kloter dua asal Grobogan, ketiga gabungan asal Grobogan dan Demak dan keempat dari Demak.

Setelah koper calon haji yang datang masuk di asrama, kata dia, jamaah calon haji akan menyusul mulai masuk di asrama haji ini, pada Selasa (23/5), baik kloter pertama hingga empat. Calon haji kloter pertama, tiba di asrama pada pukul 06.00 WIB, disusul kloter dua pukul 10.00 WIB, kloter tiga pukul 14.00 WIB dan kloter empat 18.00 WIB.

Gentur menyampaikan Satgas PPIH Embarkasi Solo mulai masuk ke Asrama Haji Donohudan, pada Minggu (21/5). Ada sebanyak 270 Satgas PPIH kemudian mendapat pembekalan dan malam hari langsung dikukuhkan sudah resmi untuk beroperasi di Embarkasi Solo.

"Agenda Senin ini, seluruh Satgas melakukan apel siaga dengan komitmen tinggi, pembinaan dari Sekretaris PPHI Embarkasi Solo, sudah disampaikan dengan tagline kami penyelenggaraan tahun ini, adalah Haji Ramah Lansia," katanya.

Menurut dia, penyelenggaraan Ibadah Haji 2023 porsi lansia mendominasi dalam operasional haji hampir sekitar 60 persen. Sehingga, tema penyelenggaraan ibadah haji 2023 yakni Haji Ramah Lansia.

Dia mengatakan rencana pemberangkatan jamah calon haji kloter pertama asal Grobogan akan dilepas oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Muzdalifah, pada Rabu (24/5), sekitar pukul 00.30 WIB.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Solo pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, rencana akan memberangkatkan calon haji sebanyak 33.524 orang termasuk petugas kloter baik asal Jateng dan D.I Yogyakarta yang terbagi menjadi 95 kloter.  


 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024