Kudus (ANTARA) - Universitas Muria Kudus (UMK) melakukan penandatanganan kerja sama dengan English First Eduka (EF) Surabaya yang memberikan kesempatan mahasiswa praktik mengajar dengan standar kurikulum internasional.  

"Kerja sama ini tentu sangat bermanfaat bagi kedua lembaga, terutama bagi UMK karena mahasiswa akan mendapat pengalaman mengajar dengan standar kurikulum internasional dan mengembangkan jaringan secara global dengan guru native speaker (penutur asli, red.) baik untuk berkarir maupun studi lanjut," kata Rektor Universitas Muria Kudus Darsono di Kudus, Kamis.  

Ia berharap kerja sama ini akan berlanjut dengan kegiatan-kegiatan yang lain. Terutama kegiatan magang atau asistensi mengajar yang merupakan bagian dari MBKM (merdeka belajar kampus merdeka).

Penandatanganan kerja sama, kata dia, berlangsung di Auditorium Universitas Muria Kudus pada 11 April 2023.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UMK Rusiana menambahkan sebelum penandatanganan, sudah diawali dengan kegiatan magang mahasiswa PBI UMK mengajar di EF Surabaya.

Bagi mahasiswa yang hendak magang, kata dia, harus melalui tahapan seleksi yang ketat.

Dari 27 mahasiswa PBI yang lolos seleksi internal program studi, kemudian diseleksi oleh tim EF dan tersaring dua mahasiswa yang magang selama enam bulan.

"Alhamdulillah saat ini langsung mendapat kontrak kerja selama satu tahun oleh EF Surabaya," ujarnya.

Setelah penandatanganan kerja sama tersebut, dilanjutkan dengan workshop dari EF untuk mahasiswa PBI UMK tentang communicative language teaching yang membahas tentang bagaimana menjadi seorang guru atau seorang English tutor dengan kualifikasi dan kompetensi yang baik.

"Pembicaranya Mr. Andrew Hunt dan Mr. Robby Aditya, the Senior Academic Managers from EF Edukagroup," ujarnya.  

Baca juga: UMK gandeng lima kampus di India dan Uzbekistan

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024